Penerapan model group investigation (gi) berbantuan media papan pintar untuk meningkatkan pemahaman konsep di sd 1 megawon

ZAHROH, RIMA FAIRY (2019) Penerapan model group investigation (gi) berbantuan media papan pintar untuk meningkatkan pemahaman konsep di sd 1 megawon. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (666kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (566kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (117kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru kelas IV SD 1 Megawon menggunakan model Group Investigation berbantuan media papan pintar, (2) mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa kelas IV SD 1 Megawon menggunakan model Group Investigation berbantuan media papan pintar, (3) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep siswa kelas IV SD 1 Megawon pada tema 8 Daerah Tempat Tinggalku menggunakan model Group Investigation berbantuan media papan pintar. Model Group Investigation merupakan model pembelajaran yang dalam kelompok kecil heterogen beranggotakan sekitar 4-5 siswa serta dalam kelompok tersebut siswa aktif dalam menyelesaikan masalah yang dihadapi secara mandiri.Model pembelajaran ini dipadukan dengan dengan media papan pintar.Papan pintar merupakan media visual berbentuk papan persegi empat yang dikembangkan peneliti menjadi permainan papan yang dimainkan menggunakan pion dandadu, media permainan ini dimainkan seperti ular tangga, di dalam pintu-pintu tersebut jika pion pemain berhenti maka mendapatkan kartu rintangan atau bisa juga kartu deksripsi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Group Investigation berbantuan media papan pintar dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada tema 8 Daerah tempat tinggalku di kelas IV SD 1 Megawon. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pemahaman konsep siswa aspek pengetahuan siklus I mencapai nilai rata-rata 78 dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 81. Aktivitas siswa ranah sikap pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,5 dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 85. Aktivitas siswa ranah keterampilan pada siklus I mencapai nilai rata-rata 79 dan mengalami peningkatan pada siklus II mencapai nilai rata-rata 87. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan dengan skor pada siklus I 71,5menjadi 88 pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model Group Investigation berbantuan media papan pintar dapat meningkatkan pemahaman konsep dan aktivitas siswa kelas IV SD 1 Megawon. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV SD 1 Megawon Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigation berbantuan media papan pintar dapat meningkatkan pemahaman konsep kelas IV SD 1 Megawon. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Group Investigation berbantuan media papan pintar guru lebih terampil dan inovatif dalam meningkatkan semangat dan partisipasi siswa daalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Dr. Irfai Fathurrohman, M.Pd.
Kata Kunci: Group Investigation, Papan Pintar, Pemahaman Konsep.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:01
Last Modified: 20 Oct 2020 04:01
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12722

Actions (login required)

View Item View Item