Penerapan model pembelajaran number head Together berbantuan media papan putar Untuk meningkatkan hasil belajar Tema 9 kelas iv sd 2 payaman

Malik, Muhammad Abdul (2019) Penerapan model pembelajaran number head Together berbantuan media papan putar Untuk meningkatkan hasil belajar Tema 9 kelas iv sd 2 payaman. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal Judul.pdf - Accepted Version

Download (615kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (245kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (395kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (122kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitin ini bertujuan mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Head Together menggunakan media Papan Putar dapat menemukan penigkatan keterampilan guru,peningkatan aktivitas belajar siswa danpeningkatan hasil belajar pada muatan IPS dan PPKn kelas IV SD 2 Payaman, Mejobo Kudus. Hasil belajar adalah perubahan yang mengakibatkan manusia berubah dalam sikap dan tingkah lakunya melalui aspek sikap, pengetahuan dan keterampilan. Numbered Head Together adalah model pembelajaran yang mendorong siswa untuk berfikir secara berkelompok sehingga memberi kesempaatan kepada siswa untuk saling berbagi gagasan, meningatkan kerjasama siswa, dan untuk mempertimbangkan jawaban yang tepat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas menggunakan desain penelitian Kemmis & Taggart dalam 2 siklus. Tahapan penelitian ini yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian guru dan siswa kelas IV SD 2 Payaman, Mejobo Kudus dengan jumlah siswa 15 siswa. pada penelitian ini yang mejadi variable bebas adalah model pembelajaran Numbered Head Together dan Media Papan Putar. Sedangkan variable terikat pada penelitian ini adalah hasilbelajar siswa kelas IV SD 2 Payaman, Mejoobo, Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan. Keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I mendapatkan skor 86,5 dengan persentase 69,75% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan mendapat skor 105 dengan persentase 85% (sangat baik). Hasil aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 514 dengan persentase 57% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II mendapatkan skor 689 dengan persentase 77% (sangat baik). Hasil belajar ranah pengetahuan pada siklus I mendapatkan skor 72,86% dengan persentase 60% (baik) dan siklus II meningkat dengan mendapat skor 82,13 dengan persentase 87% dengan kualifikasi (sangat baik). Hasil keterampilan siswa pada siklus I mendapat skor 363 dengan persentase 67% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh skor 424 dengan persentase 79% (sangat baik). Hasil sikap siswa pada siklus I mendpatkan skor 518 dengan persentase 58% (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II memperoleh skor 681 dengan persentase 76% (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Head Together berbantuan media papan putar pada tema kayanya negriku dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD 2 Payaman. Adapun saran yang diberikan yaitu guru seharusnya menggunakan model dan media saat melaksanakan pembelajaran agar hasil belajar siswa dapat maksimal contohnya mnegunakan model Numbered Head Together dan papan putar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, M.Pd pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil belajar, Number Head Together, Media Papan Putar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2020 04:40
Last Modified: 20 Oct 2020 04:40
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12725

Actions (login required)

View Item View Item