Penerapan model think talk write berbantuan media gambarilustrasi untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa tema lingkungan sahabat Kita kelas v sd 1 daren nalumsari Jepara

HIKMASARI, FIFTA (2019) Penerapan model think talk write berbantuan media gambarilustrasi untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa tema lingkungan sahabat Kita kelas v sd 1 daren nalumsari Jepara. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (748kB) | Preview
[thumbnail of Abstrak]
Preview
Text (Abstrak)
ABSTRACT.pdf - Accepted Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (550kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (189kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (11MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa dalam model Think Talk Write pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V SD 1 Daren Nalumsari Jepara. Think Talk Write merupakan konsep belajar yang dapat membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi untuk dapat menemukan materi yang dipelajari serta dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Keterampilan menulis deskripsi adalah keterampilan menuangkan ide, gagasan, pikiran dalam bentuk tulisan untuk menjelaskan obyek/gambar yang sedang diamati dengan memperhatikan aspek dalam keterampilan menulis. Media adalah alat bantu yang disajikan sebagai perantara/pengantar informasi belajar yang digunakan guru untuk berkomunikasi dengan siswa. Gambar ilustrasi merupakan media gambar dengan tujuan untuk melengkapi suatu cerita, teks, atau sebagai penjelasan visual dari suatu bagian tulisan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Daren Nalumsari Jepara dengan subyek penelitian 12 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas adalah model Think Talk Write berbantuan media gambar ilustrasi. Metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data berupa analisis data kuantitatif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan mengajar guru pada siklus I mendapat persentase 72% (baik) yang meningkat pada siklus II dengan persentase 88% (sangat baik). Sedangkan peningkatan keterampilan menulis deskripsi siswa juga meningkat pada siklus I memperoleh total nilai 75 (cukup) dan meningkat pada siklus II dengan total nilai 83 (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas V SD 1 Daren Nalumsari Jepara dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Talk Write dapat meningkatkan keterampilan menulis deskripsi siswa kelas V SD 1 Daren Nalumsari Jepara.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan menulis deskripsi, Think Talk Write, dan Media Gambar Ilustrasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2020 06:50
Last Modified: 20 Oct 2020 06:50
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12727

Actions (login required)

View Item View Item