Penerapanmodel problem based learningberbantuan media papan permasalahanuntuk meningkatkan kemampuanberpikir kreatif siswa padatema 8 Daerah tempattinggalkudi kelas iv a sd muhammadiyah blimbingrejo jepara

SAPUTRA, TOMI (2019) Penerapanmodel problem based learningberbantuan media papan permasalahanuntuk meningkatkan kemampuanberpikir kreatif siswa padatema 8 Daerah tempattinggalkudi kelas iv a sd muhammadiyah blimbingrejo jepara. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (964kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (287kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (775kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (608kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IV A tema 8 daerah tempat tinggalku di SD Muhammadiyah Blimbingrejo Jepara. Serta mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dalam penerapan model Problem Based Learning. Problem Based Learning adalah model pengajaran guru yang menampilkan permasalahan yang nyata yang disajikan diawal pembelajaran sebagai bahan pokok pembahasan untuk para siswa. Berpikir kreatif adalah menemukan cara baru yang lebih baik untuk mengerjakan segala sesuatu. Pelaksanaan penelitian ini, peneliti merumuskan hipotesis berikut ini, (1) terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa kelas IV A pada tema 8 daerah tempat tinggalku dengan diterapkannya Problem Based Learningdi SD Muhammadiyah Blimbingrejo Jepara. (2) terjadi peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IVA tema 8 daerah tempat tinggalku di SD Muhammadiyah Blimbingrejo Jepara. (3) terjadi peningkatan keterampilan mengajar guru dalam penerapan model Problem Based Learningdapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IVA tema 8 daerah tempat tinggalku di SD Muhammadiyah Blimbingrejo Jepara. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV A SD Muhammadiyah Blimbingrejo Nalumsari Jepara dengan 21 siswa. Pelaksanaan ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif siswa, sedangkan untuk variabel bebasnya yaitu model pembelajaran Problem Based Learning dengan bantuan media papan permasalahan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.Hasil penelitian yang telah dilakukan membuktikan terjadinya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 75,33 dan meningkat pada siklus II diperoleh nilai rata-rata 83,5. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan. Pada siklus I diperoleh skor 69,5 dengan persentase 69,5% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Kemudian untuk aktivitas belajar siswa diperoleh nilai rata-rata 78,9 pada siklus I dan meningkat menjadi 86,16 pada siklus II. Adanya peningkatan yang terjadi membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa dengan bantuan papan permasalahan. Berdasarkan hasil peneltian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas IV A SD Muhammadiyah Blimbingrejo Nalumsari Jepara dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media papan permasalahan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa kelas IVA tema 8 daerah tempat tinggalku. Maka dari itu, disarankan dalam penerapan model Problem Based Learning berbantuan media papan permasalahan guru akan lebih inovatif dalam meningkatkan antusias siswa dalam pembelajaran disekolah.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Oktavianti, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd.,
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kreatif, Model Pembelajaran Problem Based Learning, Papan Permasalahan.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:34
Last Modified: 21 Oct 2020 04:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12741

Actions (login required)

View Item View Item