Penerapan model group investigation untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Tema 8 daerah tempat tinggalku Dikelas iv sd muhammadiyah Blimbingrejo

LILAYANTI, RAFIKA (2019) Penerapan model group investigation untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Tema 8 daerah tempat tinggalku Dikelas iv sd muhammadiyah Blimbingrejo. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL .pdf - Accepted Version

Download (923kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I .pdf - Accepted Version

Download (286kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (610kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (558kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi dan aktivitas belajar siswa kelas IVB SD Muhammadiyah Blimbingrejo Jepara pada tema 8 daerah tempat tinggalku serta mendeskripsikan keterampilan mengajar guru. Kemampuan komunikasi merupakan kemampuan seseorang dalam proses penyampaian pesan atau informasi oleh komunikator kepada komunikan dengan maksud dan tujuan tertentu. Komunikasi dapat berbentuk lisan dan tulisan, verbal dan non erbal. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV B SD Muhammadiyah Blimbingrejo Nalumsari Jepara dengan 19 siswa. Pelaksanaan ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel terikat penelitian ini adalah kemampuan komunikasi siswa, sedangkan untuk variabel bebasnya yaitu model pembelajaran Group Investigation dengan bantuan media kotak komunikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini terdiri dari analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan komunikasi siswa. Pada siklus I mencapai nilai rata-rata 74,5 dan pada siklus II mengalami peningkatan nilai rata-rata yaitu 83.5. Peningkatan aktivitas belajar siswa pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 78,18 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata yaitu 85.5. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan pada siklus I diperoleh skor 69 dengan persentase 69% pada siklus II menjadi 84%. Hal ini menunjukan bahwa penerapan model Group Investigation dapat meningkatkan kemampuan komunikasi tema 8 daerah tempat tinggalku dikelas IV BSD MuhammadiyahBlimbingrejo Jepara. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan pada kelas IV B SD Muhammadiyah Blimbingrejo Jepara dapat disimpulkan bahwa penerapan model Group Investigationdapat meningkatkan kemampuan komunikasi tema 8 daerah tempat tinggalku dikelas IV BSD MuhammadiyahBlimbingrejo Jepara. Oleh karena itu, disarankan dalam menerapkan model pembelajaran Group Investigation berbantuan kotak komunikasi guru lebih terampil dalam meningkatkan semangat belajar siswa dalam proses pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing 2 Ristiyani S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Komunikasi, Model Pembelajaran Group Investigation, Media Kotak Komunikasi.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2020 04:46
Last Modified: 21 Oct 2020 04:46
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12742

Actions (login required)

View Item View Item