Penerapan pembelajaran kooperatif berbasis teori Van hiele berbantuan geoboard untuk meningkatkan Kemampuan pemecahan masalah matematis Siswa kelas iv

CAHYANI, NAVA DWI (2019) Penerapan pembelajaran kooperatif berbasis teori Van hiele berbantuan geoboard untuk meningkatkan Kemampuan pemecahan masalah matematis Siswa kelas iv. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal Judul.pdf - Accepted Version

Download (926kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (341kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (33MB) | Request a copy

Abstrak

Kemampuan pemecahan masalah matematis pada kelas IV SDN Sidomulyo 2 masih rendah. Selain itu aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran juga masih rendah, karena pembelajaran masih didominasi oleh guru. Dari permasalahan tersebut, tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis melalui pembelajaran kooperatif berbasis teori Van Hiele berbantuan geoboard pada materi keliling dan luas persegi dan persegi panjang pada siswa kelas IV, (2) mengetahui aktivitas belajar matematika melalui pembelajaran kooperatif berbasis teori Van Hiele berbantuan geoboard, dan (3) mengetahui keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran matematika melalui pembelajaran kooperatif berbasis teori Van Hiele berbantuan geoboard. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN Sidomulyo 2 dengan subjek 30 siswa. Penelitian berlansung selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif berbasis teori van hiele berbantuan geoboard. Sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, keterampilan mengaja guru, dan aktivitas belajar siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen validasi menggunakan expert judgement dan product moment. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi keliling dan luas persegi maupun persegi panjang diperoleh hasil 60% pada siklus I dan terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 76,5%. Aktivitas belajar siswa pada siklus I mencapai 75% dan meningkat pada siklus II yaitu 87%. Keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran kooperatif berbasis teori Van Hiele pada siklus I yaitu74% meningkat pada siklus II menjadi 94,5%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif berbasis teori Van Hiele berbantuan geoboard dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas IV SDN Sidomulyo 2, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Himmatul Ulya, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif Berbasis Teori Van Hiele, Media Geoboard, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:31
Last Modified: 21 Oct 2020 06:31
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12744

Actions (login required)

View Item View Item