Penerapan model think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media kartu soal kelas v tema 9 sd 1 gondangmanis kudus

Khoirunnisa, Noor (2019) Penerapan model think pair share untuk meningkatkan hasil belajar siswa berbantuan media kartu soal kelas v tema 9 sd 1 gondangmanis kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (395kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (578kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (597kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (360kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (270kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan seberapa besar peningkatan keterampilan guru dan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan model Think Pair Shareberbantuan media kartu soal kelas V tema 9 SD 1 Gondangmanis Kudus tahun ajaran 2019. Hasil belajar adalah tingkat perkembangan pengetahuan yang lebih baik bila dibandingkan sebelum belajar, dapat memberikan perubahan tingkah laku baik pengetahuan, pemahaman, sikap dan keterampilan siswa menjadi lebih baik dari sebelumnya. Think Pair Share adalah model pembelajaran sederhana yang membentuk siswa berpasangan mendiskusikan pertanyaan yang diberikan oleh guru. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada kelas V SD 1 Gondangmanis Kudus yang menggunakan model Think Pair Share berbantuan media kartu soal Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 1 Gondangmanis Kudus dengan subjek penelitian 16 siswa. Penelitian berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah Think Pair Share sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Instrumen penelitian adalah tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan dalam pembelajaran. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa pada pra siklus yaitu 72% setelah dilakukan penelitian pada siklus I meningkat menjadi memperoleh 74% dan meningkat pada siklus II menjadi 81%. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh persentase rata-rata keberhasilan sebesar 78%, pada siklus II meningkat menjadi 84%. Aspek sikap siswa dalam pembelajaran siklus I memperoleh 76% dan meningkat pada siklus II menjadi 80%.Aspek keterampilan siswa dalam pembelajaran siklus I memperoleh 76% dan meningkat pada siklus II menjadi 81%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada siswa kelas V SD 1 Gondangmanis Kudus dapat disimpulkan bahwa model Think Pair Share berbantuan media kartu soal dapat meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan mengajar guru, sikap dan keterampilan siswa pada saat pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Irfai Fathurrohman, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Think Pair Share, Hasil Belajar Siswa, Kartu Soal.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:35
Last Modified: 22 Oct 2020 04:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12752

Actions (login required)

View Item View Item