Penerapan model think pair share berbantuan media jasdut untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sd 1 gondangmanis

INAYAH, LAILI (2019) Penerapan model think pair share berbantuan media jasdut untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas iv sd 1 gondangmanis. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
Bab I.pdf - Accepted Version

Download (342kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
Bab II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (549kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
Bab III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
Bab IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
Bab V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (16MB) | Request a copy

Abstrak

Kondisi awal pembelajaran di SD masih bersifat konvensional (pembelajaran berpusat pada guru). Hal ini berdampak pada kemampuan berpikir kritis siswa banyak yang rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatakan kemampuan berpikir kritis siswa, peningkatan keterampilan mengajar guru, dan peningkatan aktivitas belajar siswa SD 1 Gondang Manis melalui model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media JASDUT. Kemampuan berpikir kritis merupakan merupakan kemampuan proses berpikir untuk menarik kesimpulan yang masuk akal serta membuat keputusan dalam menyelesaikan persoalan. Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif yang memberi waktu siswa untuk berpikir dan merespon serta saling membantu antara satu sama lain. Agar mendapatkan hasil yang maksimal dalam penelitiannya, peneliti menggunakan media JASDUT yang dapat menghasilkan berbagai macam sudut dari kedua jarum jamnya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SD 1 Gondang Manis dengan subjek siswa kelas IV dan peneliti sebagai guruselama 2 siklus dan 2 pertemuan pada setiap siklusnya yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknikpengumpulan data menggunakan teknik tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Instrumen validasi menggunakan expert judgment. Analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dilihat pada prasiklus dengan ketuntasan klasikal 36%. Pada siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal 52% dan meningkat menjadi 80% pada siklus II. Keterampilan mengajar guru diperoleh hasil pada prasiklus dengan rata-rata 2,4. Pada siklus I mencapai rata-rata 2,7 dan meningkat menjadi 3,3 pada siklus II. Aktivitas belajar siswa pada prasiklus memperoleh presentase rata-rata 63,4%. Pada siklus I mencapai 71% dan meningkat menjadi 81,61% pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbantuan media JASDUT dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dan aktivitas belajar siswa SD 1 Gondang Manis serta keterampilan mengajar guru. Saran bagi guru dapat mengaplikasikan model Think Pair Share dengan media yang sesuai dengan materi sehingga siswa mampu memahami materi dengan baik.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M. Pd.
Kata Kunci: Think Pair Share, JASDUT (jam sudut), Kemampuan Berpikir Kritis.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Oct 2020 04:42
Last Modified: 22 Oct 2020 04:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12753

Actions (login required)

View Item View Item