Rochim, Nur (2019) Penerapan model talking stick berbantuan media audio visual terhadap peningkatan hasil belajar siswa tema 1 indahnya kebersamaan kelas iv Sd 1 mlati lor kudus. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Depan)
Hal. judu.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (316kB) | Preview |
Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (742kB) | Request a copy |
|
Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version Download (270kB) | Preview |
Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Proses pembelajaran yang dilakukan guru masih monoton dan kurang memanfaatkan media pembelajaran sehingga dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam pembelajaran melalui model Talking stick berbantuan media Audiovisual. (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model Talking stickberbantuan media AudiovisualKelasIV SDN 1Mlati Lor Kudus dan (3) Mendiskripsikan Peningkatan aktivitas belajar siswa melalui model Talking stick berbantuan media Audiovisual. Hasil belajar adalah kemampuan keterampilan, sikap dan keterampilan yang diperoleh setelah siswa menerima pengalaman belajarnya yang telah diberikan oleh guru, sehingga dapat mengkontruksikan pengetahuan itu dalam kehidupan sehari-hari. Model Talking stick adalah salah satu model kooperatif yang menggunakan video sebagai media untuk mempermudah proses belajar dengan cara permainan berkelompok. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada kelas IV SDN 1Mlati Lor Kudus dengan subjek penelitian guru dan siswa berjumlah 39 siswa yang terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan penerapan model Talking stick berbantuan media AudiovisualPada siklus I keterampilan guru mencapai nilai 71,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 78,00%. pada siklus I hasil belajar siswa ranah kognitif mencapai rata-rata persentase 56,41% dan pada siklus II meningkat menjadi 79,48%. Pada siklus I aktivitas belajar siswa mencapai nilai 66,76% dan pada siklus II meningkat menjadi 75,57%. Dari hasil penelitian membuktikan bahwa dengan penerapan model Talking stick berbantuan media Audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan mengajar guru dan aktivitas belajar siswa di SDN 1 Mlati Lor Kudus. Penelitian yang dilakukan dengan menerapkan model Talking stick berbantuan media Audiovisual hendaknya dapat memberikan dampak yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, hasil belajar siswa dan aktivitas belajar siswa meningkat menjadi lebih baik.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil belajar, Talking stick, Media Audiovisual |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 22 Oct 2020 05:06 |
Last Modified: | 22 Oct 2020 05:06 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12756 |
Actions (login required)
View Item |