Penerapan model numbered head together berbantuan media roda berputar untuk meningkatkan hasil belajar tema 8 siswa kelas iv sd 1 kirig

FAUZIYAH, ULFI NABILATUL (2019) Penerapan model numbered head together berbantuan media roda berputar untuk meningkatkan hasil belajar tema 8 siswa kelas iv sd 1 kirig. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (562kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (140kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (204kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (23MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Numbered Head Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa (pengetahuan dan keterampilan siswa) dan keterampilan mengajar guru pada tema 8 Daerah Tempat Model Numbered Head Together memiliki 7 tahapan yaitu pembentukan kelompok, pemberian masalah, diskusi kelompok, pemanggilan nomor, membimbing penyampaian hasil diskusi, tanggapan kelompok lain, dan kesimpulan. Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku pada diri siswa setelah mengikuti kegiatan pembelajaran. Media roda berputar merupakan media pembelajaran yang dibuat dalam bentuk permainan dengan cara memutar roda panah. Materi dalam penelitian ini yaitu tema 8 Daerah Tempat Tinggalku muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas dilakukan di kelas IV SD 1 Kirig dengan subjek penelitian 20 siswa. Tahapan penelitian ini adalah perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi selama 2 siklus. Variabel bebas adalah model Numbered Head Together dan media Roda Berputar, sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar siswa. Metode pengumpulan data melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan brupa data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Numbered Head Together berbantuan media Roda Berputar dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar tema 8 muatan IPS dan Bahasa Indonesia. Keterampilan guru meningkat dari siklus I rata-rata sebesar 90 ketuntasan klasikal 75% kategori baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 108ketuntasan klasikal 90% kategori sangat baik (SB). Hasil belajar siswa muatan IPS dan Bahasa Indonesia meningkat dari siklus I rata-rata sebesar 69,5 ketuntasan klasikal 45% kategori cukup pada siklus II meningkat menjadi 76,25 ketuntasan klasikal 75% kategori tinggi. Keterampilan siswa muatan IPS meningkat siklus I rata-rata sebesar 70 ketuntasan klasikal 75% kategori baik (B) pada siklus II meningkat menjadi 79 ketuntasan klasikal 100% kategori sangat baik (SB), keterampilan siswa muatan Bahasa Indonesia meningkat siklus I rata-rata sebesar 71 ketuntasan klasikal 85% kategori sangat baik (SB) siklus II meningkat menjadi 79 ketuntasan klasikal 100% kategori sangat baik (SB). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model Numbered Head Together berbantuan media Roda Berputar dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, meningkatkan hasil belajar (pengetahuan dan keterampilan siswa) siswa kelas IV SD 1 Kirig. Saran dalam penelitian ini, guru hendaknya menerapkan model pembelajaran yang variatif dan menggunakan media pembelajaran yang menarik sehingga siswa lebih aktif dan tidak bosan dalam mengikuti pembelajaran khususnya muatan IPS dan Bahasa Indonesia.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Imaniar Purbasari, S.Pd. M,Pd. Pembimbing 2 Ika Oktavianti, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Numbered Head Together, Roda Berputar, Hasil Belajar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:35
Last Modified: 27 Oct 2020 02:35
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12769

Actions (login required)

View Item View Item