Efektivitas penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media konkret untuk meningkatakan keterampilan proses sains sd

DEWI, UMI KUSUMA (2019) Efektivitas penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media konkret untuk meningkatakan keterampilan proses sains sd. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
halaman judul.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
bab 1.pdf - Accepted Version

Download (306kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
bab 2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (409kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
bab 3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (380kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
bab 4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
bab 5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
daftar putaka.pdf - Accepted Version

Download (247kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstrak

Penilitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penerapan model inkuiri terbimbing berbantuan media konkret untuk meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik SDN Kedondong 1 Gajah Demak. Keterampilan proses sains merupakan keterampilan intelektual yang dimiliki dan digunakan dalam penelitian fenomena alam. Indikator keterampilan proses sains meliputi mengamati, mengklasifikasi, memprediksi, mengukur, menyimpulkan, mengkomunikasi. Inkuiri adalah suatu rankaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara keritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah keterampilan proses sains peserta didik pada kelas V di SDN Kedondong 1 Gajah Demak yang diajar dengan model inkuiri terbimbing berbantuan media konkret telah mencapai KKM. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan desain one-group pretest-posttest design, yaitu desain penelitian yang terdapat pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest setelah diberi perlakuan yang akan dilaksanakan di SDN Kedondong 1 Gajah Demak, sedangkan sampelnya yaitu kelas V dengan jumlah 20 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposivesampling. Variabel bebasnya yaitu model inkuiri terbimbing berbantuan media konkret, sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses sains. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data tahap awal, meliputi uji normalitas dan analisis data tahap akhir meliputi uji normalitas, analisis deskripsi keterampilan proses sains, dan uji hipotesis: uji t-test satu sample, dan uji N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan model inkuiri terbimbing berbantuan media konkret dapat meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik yang meliputi aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Berdasarkan aspek pengetahuan nilai pretestmemperoleh 0,602 > dari 0,05, sedangkan posttestdiperoleh hasil sebesar 8,617 atau nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0.05 dengan keputusan Ha diterima atau Ho ditolak. Berdasarkan aspek sikap diperoleh hasil sebesar 2.110 atau nilai sig (2-tailed) 0,048> 0.05 dengan keputusan H0 diterima atau Ha ditolak. Berdasarkan aspek keterampilandiperoleh hasil sebesar 3.941atau nilai sig (2-tailed) 0,001< 0.05 dengan keputusan Ha diterima atau Ho ditolak. Simpulan dalam penelitian ini adalah model inkuiri terbimbing berbantuan media konkret efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains kelas V SD Kedondong1 Gajah Demak. Saran dalam penelitian ini, bagi gurusebaiknya menjadikan model inkuiri terbimbing sebagai salah satu model pembelajran.Bagi siswa dalam melakukan eksperimen dengan menggunakan media konkret di harapkan peserta didik lebih aktif dan mampu bekerjasama dengan kelompoknya agar dapat mengumpulkan dan menganalisis data yang di teliti.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Siti Masfuah, M.Pd. Pembimbing 2 Ristiyani, M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Proses sains, Inkuiri Terbimbing, Media Konkret.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:42
Last Modified: 27 Oct 2020 02:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12770

Actions (login required)

View Item View Item