Penerapan model team assisted individualization berbantuan media ular tangga untuk Meningkatkan hasil belajar tema 7 Kelas iv sd 3 prambatan lor

KHIKMAH, RAHAJENG NURUL (2019) Penerapan model team assisted individualization berbantuan media ular tangga untuk Meningkatkan hasil belajar tema 7 Kelas iv sd 3 prambatan lor. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (603kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (899kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (104kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (210kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstrak

Hasil belajar merupakan perubahan tingkah laku seseorang yang di dapat setelah terjadi pada diri siswa, baik yang menyangkut aspek kognitif, afektif, dan psikomotor sebagai hasil dari kegiatan belajar. Model pembelajaran Team Assisted Individualization merupakan cara mengembangkan kemampuan maupun pencapaian prestasi siswa, sehingga melibatkan siswa untuk aktif dalam proses belajar dan membuat pengetahuan, kemampuan siswa secara akademis. Media ular tangga merupakan suatu permainan yang dimainkan oleh dua orang atau lebih dan terdapat beberapa gambar ular dan tangga yang menghubungkan kotak satu dengan yang lain. Aktivitas belajar merupakan kegiatan yang menunjukkan bahwa aktivitas belajar bervariasi, sehingga siswa dapat merenungkan ide- ide yang diketahui masyarakat. Keterampilan dasar mengajar ini guru harus menguasai dalam pembelajaran dengan baik. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian tindakan kelas (PTK), setiap siklus terdiri 2 pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD 3 Prambatan Lor dengan jumlah 20 siswa. Pada dasarnya penelitian ini yang menjadi variabel bebas yaitu model Team Assisted Individualization dan variabel terikat yaitu meningkatkan hasil belajar. Uji validitas menggunakan Product Momen. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil belajar siswa tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku melalui penerapan model pembelajaran Team Assisted Individualization berbantuan media Ular Tangga ini meningkat. Keterampilan mengajar guru siklus I nilai 78% dengan kriteria baik, dan siklus II nilai 84% dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa siklus I 75% dengan kriteria baik dan siklus II nilai 85% dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar pengetahuan pada siklus I dengan muatan IPS mendapat 50% dan Bahasa Indonesia 55%, sedangkan pada siklus II dengan muatan IPS 85% dan Bahasa Indonesia 95%, ranah psikomotorik siklus I nilai 69% dengan kriteria baik dan siklus II nilai 92%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Model Team Assisted Individualization, Media Ular Tangga, Hasil Belajar, Keterampilan Mengajar Guru.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Oct 2020 02:51
Last Modified: 27 Oct 2020 02:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12771

Actions (login required)

View Item View Item