Penerapan model numbered head together (nht)untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 6 cita-citaku muatan ppkn dan bahasa indonesia kelas iv berbasis media puzzle sd 1 wergu wetan

Pratiwi, Septiana Hikmah (2019) Penerapan model numbered head together (nht)untuk meningkatkan hasil belajar siswa tema 6 cita-citaku muatan ppkn dan bahasa indonesia kelas iv berbasis media puzzle sd 1 wergu wetan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HAL JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (203kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (375kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] Text (Bab 6)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (65kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (67kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan mengenai Penerapan Model Numbered Head Together dalam meningkatkan hasil belajar siswa Tema 6 Cita-Citaku muatan PKn dan Bahasa Indonesia kelas IV berbasis media puzzle SD 1 Wergu Wetan. Model Numbered Head Together (NHT) adalah model pembelajaran dalam bentuk penomoran dan dibuat suatu kelompok. Hasil belajar adalah kemampuan yang dimiliki siswa untuk mencapai suatu tujuan pencapaian belajar. Hipotesis tindakan pada penelitian ini adalah penerapan model Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar Siswa Tema 6 Cita-Citaku muatan PKn dan Bahasa Indonesia kelas IV berbasis media puzzle SD 1 Wergu Wetan, dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan ini akan dilaksanakan di kelas IV SD 1 Wergu Wetan dengan subyek penelitian 31 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus. Siklus terdiri dari pertemuan 1 dan pertemuan 2. Siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran numbered head together dan media puzzle. Variabel terikat adalah hasil belajar siswa kelas pada tema 6 subtema 2. teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes. Analisis data menggunakan dua jenis yang dikumpulkan oleh peneliti yaitu analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian terdapat peningkatan pada (1) Keterampilan guru dalam proses pembelajaran siklus I memperoleh skor 63% dengan kriteriabaik, siklus II memperoleh skor 88%kriteria sangat baik. (2) Aktivitas Siswa dalam pembelajaran siklus I memperoleh skor 59% dengan kriteriacukup,siklus II memperoleh skor 75% kriteria baik.(3) Kemampuan Hasil Belajarditinjau dari aspek sikap hasil belajar siswa memperoleh skor 62% siklus I dengan kriteriacukup, siklus II memperoleh skor 75% kriteriabaik. Ditinjau dari aspek pengetahuan hasil belajar siswa memperoleh skor 77% siklus I dengan kriteriabaik,siklus II memperoleh skor 90% kriteriabaik. Ditinjau dari aspek keterampilan hasil belajar siswa memperoleh skor 59% siklus I dengan kriteriacukup, siklus II memperoleh skor 81% dengan kriteriabaik. Simpulan dari penelitian ini yaitu meningkatknya hasil belajar siswa melalui model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media puzzle pada tema 6 di kelas IV SD 1Wergu Wetan Tahun pelajaran 2019/2020. Sehingga bapak dan ibu guru dapat menggunakan model Numbered Head Together (NHT) berbantuan media puzzle pada tema 6.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Deka Setiawan, M.Pd. Pembimbing 2 Ika Ari Pratiwi, M.Pd.
Kata Kunci: Numbered Head Together, Tema 6 Subtema 2
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:26
Last Modified: 27 Oct 2020 03:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12772

Actions (login required)

View Item View Item