Keefektifan model project based learning dalam meningkatkan kreativitas siswa berbantuan media diorama tema 9 kelas iv gugus Diponegorojepang kudus

SWANDANI, GARNIES NOVA (2019) Keefektifan model project based learning dalam meningkatkan kreativitas siswa berbantuan media diorama tema 9 kelas iv gugus Diponegorojepang kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (397kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (235kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (411kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (219kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (222kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy

Abstrak

Permasalahan yang mendasari penelitian ini berkaitan dengan kreativitas siswa. kreativitas siswa. Pada proses pembelajaran antusias siswa belajar masih rendah, siswa lebih sering aktif dengan kegiatannya sendiri, kurang berkembangnya ide-ide baru. penggunaan buku paket masih menjadi sumber belajar utama, sehingga kreativitas siswa belum sepenuhnya terbangun. Hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan kualitifikasi siswa pada ranah sikap ini bervariasi yaitu terdapat 7 dengan kategori baik dengan presentase sebanyak 18% , 13 siswa dengan kategori cukup 34%, dan 18 siswa dengan kategori perlu bimbingan dengan presentase 47%. Jadi, dapat disimpulkan bahwa tingkat keberhasilan ranah sikap siswa mengalami permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model project based learning dapat memenuhi nilai KKM dan dapat memberikan pengaruh terhadap kreativitas siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif dengan desain kuasi experimental design dengan tipe one grup pretest posttest. Penelitian ini dilakukan di SD 5 Jepang Kudus. Variabel bebas yang digunakan yaitu model project based learning, sedangkan variabel terikatnya kreativitas siswa. sampel pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sample. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan analisis statistik yang berupa uji t, uji z , n-gain dan uji optimum. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil adanya perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dan posttest dari hasil uji t diperoleh thitung (-8,61) ≤ ttabel (1,68) menjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan pembelajaran project based learning berbantuan media diorama terhadap kreativitas siswa. Hasil penggunaan pembelajaran project based learning berbantuan media diorama terhadap berpikir kreatif siswa ketuntasan belajar secara klasikal 75 berdasarkan data pretest siswa hanya mencapai kurang dari 13,15% dari jumlah siswa, sedangkan berdasarkan data posttest telah mencapai 97,26% dari jumlah siswa. Pada perbandingan nilai pretest dan posttest berpikir kreatif siswa dilakukan uji n-gain didapatkan hasil 0,27 dengan kategori n-gain oleh Nismalasari, et al (2016:83) yang telah ditentukan antara 0,0 ≤ g < 0,3 dapat dikategorikan rendah . pembelajaran project based learning berbantuan media diorama pada keterampilan krearif dan sikap kreatif berdasarkan hasil optimum memiliki peningkat setiap pertemuannya telah mencapai rata-rata dengan predikat C atau cukup.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Mila Roysa, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Project Based Learning, Diorama, Kreativitas
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:34
Last Modified: 27 Oct 2020 03:34
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12775

Actions (login required)

View Item View Item