Peningkatan hasil belajar melalui model jigsaw berbantuan media roda putar kelas iv tema kayanya negeriku di sdn 1 kalipucang wetan

Wicaksana, Zuhruf Aji (2019) Peningkatan hasil belajar melalui model jigsaw berbantuan media roda putar kelas iv tema kayanya negeriku di sdn 1 kalipucang wetan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
COVER-DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (335kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (570kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (824kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (427kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan aktivitas peserta didik di kelas menggunakan model pembelajaran Jigsaw dan menentukan hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran Tema Kayanya Negeriku menggunakan model pembelajaran Jigsawberbantuan media roda putar kelas IV SDN 1 Kalipucang Wetan. Hasil belajar merupakan suatu kegiatan perubahan tingkah laku dan kepribadian yang lebih kompleks.. Pembelajaran model Jigsawmerupakan suatu model pembelajaran yang sifatnya berkelompok. Roda putar merupakan media pembelajaran yang membantu peserta didik aktif dalam proses kegiatan belajar. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah keterampilan guru, aktivitas belajar dan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Kalipucang Wetan dapat meningkat menggunakan model pembelajaran Jigsawberbantuan media roda putar. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Kalipucang Wetan dengan subjek penelitian berjumlah 24 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam II siklus, setiap siklus terbagi dalam dua pertemuan. Tahapan penelitian ini meliputi perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Jigsaw. Variabel terikatnya adalah hasil belajar. Keterampilan guru mengalami peningkatan pada siklus I rata-rata skor 54,5 persentase 54,5% meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata 61,5 persentase 61,5%. Aktivitas belajar peserta didik pada siklus I rata-rata nilai 24,45 dengan persentase 61% meningkat pada siklus II rata-rata 31 dengan persentase 84,23%.Hasil belajar peserta didik ranah pengetahuan pada siklus I memperoleh rata-rata 64,17 persentase jumlah peserta didik yang tuntas 54,16% meningkat pada siklus II memperoleh rata-rata 67,08 persentase jumlah peserta didik yang tuntas 70,84%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di kelas IV SDN 1 Kalipucang Wetan dapat disimpulkan bahwa penerapan model Jigsawberbantuan media roda putar dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas peserta didik dan hasil belajar peserta didik pada Tema Kayanyanya Negeriku. Adapun saran yang diberikan yaitu guru dapat menerapkan model Jigsawdengan menggunakan media, sehingga menciptakan suasana yang menyenangkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Ika Ari Pratiwi,S.Pd,M.Pd. pembimbing 2 Imaniar Purbasari, S.Pd,M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar,Jigsaw, Roda Putar.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:43
Last Modified: 27 Oct 2020 03:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12776

Actions (login required)

View Item View Item