Peningkatan hasil belajar ppkn dan bahasa indonesia melalui model pembelajaran problem based learning kelas iv sdn 1 kirig kudus

SARI, ZULINDA PRASTIKA (2019) Peningkatan hasil belajar ppkn dan bahasa indonesia melalui model pembelajaran problem based learning kelas iv sdn 1 kirig kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
halaman judul .pdf - Accepted Version

Download (514kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (254kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (288kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (169kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (103kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (30MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa pada tema daerah tempat tinggalku dengan muatan Bahasa Indonesia dan PPKn. Materi yang terkandung dalam materi pembelajaran Bahasa Indonesia yaitu gagasan pokok dan gagasan pendukung dan materi yang terkandung dalam pembelajaran PPKn yaitu keragaman suku bangsa, sosial, dan budaya di Indonesia yang terikat persatuan dan kesatuan dengan cara penerapan model pembelajaran problem based learning. Model pembelajaran problem based learning adalah model pembejaran dimana siswa disajikan sebuah masalah untuk dipecahkan. Pemilihan model pembelajaran problem based learning dirasa tepat karena proses pembelajaran lebih menyenangkan dan menarik serta diharapkan dapat meningkatkan keterampilan guru dan hasil belajar siswa. Penelitian tindakan kelas ini akan dilaksanakan di kelas IV SDN 1 Kirig Kudus dengan subjek penelitian 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus dimana siklus I dilaksanakan di subtema 1 lingkungan tempat tingalku pembelajaran 3 dan 4 sedangkan siklus II diklaksanakan di subtema 2 keunikan daerah tempat tinggalku pembelajaran 3 dan 4. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran problem based learning sedangkan variabel terikatnya yaitu hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran tema 1 indahnya kebersamaan melalu penerapan model pembelajaran problem based learning kelas IV SDN 1 Kirig Kudus meningkat setiap siklusnya. Persentase hasil belajar siswa ranah pengetahuan muatan Bahasa Indonesia 60% (cukup) meningkat siklus II 80% (baik), muatan PPKn siklus I 70% (cukup) meningkat siklus II (sangat baik), hasil belajar ranah sikap siklus I 68.12% (cukup) meningkat siklus II 80.24% (baik), hasil belajar siswa ranah keterampilan siklus I 68.70% (cukup) meningkat siklus II 79.78 (baik). Keterampilan guru siklus I 66% meningkat siklus II 79% (baik). Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan penelitian tindakan kelas SDN 1 Kirig Kudus dengan penerapan model pembelajaran problem based learning terbukti meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan guru tema 1 indahnya kebersamaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Drs. Masturi, MM, Pembimbing 2 Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd
Kata Kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Siswa, Bahasa Indonesia dan PPKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Oct 2020 03:56
Last Modified: 27 Oct 2020 03:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12777

Actions (login required)

View Item View Item