Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa Melalui model inkuiri dengan berbantuan modul pada tema 9 benda-benda di sekitar Kitadi kelas v sd 2 getaspejaten

INSANI, FITROTUL (2019) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa Melalui model inkuiri dengan berbantuan modul pada tema 9 benda-benda di sekitar Kitadi kelas v sd 2 getaspejaten. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Depan]
Preview
Text (Hal Depan)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version

Download (681kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1]
Preview
Text (Bab 1)
BAB I.pdf - Accepted Version

Download (211kB) | Preview
[thumbnail of Bab 2] Text (Bab 2)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (445kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] Text (Bab 3)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] Text (Bab 4)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] Text (Bab 5)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (121kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1)mendiskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menggunakan model inkuiri dengan berbantuan media modul tema 9 (Benda-Benda di Sekitar) kelas V di SD 2 Getas Pejeten.(2) mendeskripsikan penerapan model inkuiri dengan menggunakan media modul untuk meningkatkan keterampilan guru pada tema tema 9 (Benda-Benda di Sekitar) kelas V di SD 2 Getaspejeten. Berpikir kritis adalah cara berpikir secara mendalam dan logis yang behubungan dengan ide atau gagasan dan masalah yang ada untuk dapat menganalisis, mengidentifikasi dan menemukan sendiri informasi yang relevan berdasarkan fakta-fakta dan alasan yang logis. Model pembelajaran Inkuiri adalah serangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada keaktifan siswa untuk memiliki pengalaman belajar dalam menemukan konsep-konsep materi berdasarkan masalah yang diajukan.Modul adalah bahan ajar yang sudah disusun secara sistematis agar siswa dapat belajar secara mandiri. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dikelas V SD 2 Getas Pejaten dengan subjekpenelitian 26 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus,setiap siklus terdiri dariempat tahap yaitu perencanaan, pelaksanakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas adalah model inkuiri berbantuan modul. Sedangkan variabel terikat adalah berpikir kritis. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan berpikir kritis siswa aspek pengetahuan siklus I dengan perolehan nilai rata-rata 70 dan mengalami peningkatan mencapai nilai rata-rata 80,8. Berpikir Kritis siswa aspek keterampilan siklus I memperoleh nilai rata-rata 75,33 dan mengalami peningkatan padas siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 86. Berpikir kritis siswa aspek afektif pada siklus I memperoeh nilai rata-rata 76,5 dan mengalami peningkatan siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 87,88. Keterampilan mengajar guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 65 dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan memperoleh nilai rata-rata 85. Hal ini membuktikan peningkatan berpikir kritis siswa melalui model Inkuiri berbantuan modul pada tema 9 Benda-Benda di Sekitar Kita di KelasV SD 2Getas Pejaten. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas pada kelas V SD 2 Getas Pejaten disimpulkan bahwa peningkatan berpikir kritis siswa melalui model inkuiri berbantuan modul di kelas V SD 2 Getas Pejaten dapat tercapai. Oleh karena itu guru disarankan dalam meningkatkan berpikir kritis siswa guru dapat menggunakan model inkuiri berbantuan modul untuk lebih terampil dan inovatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Khamdun, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2 Fina Fakhriyah S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Berpikir Kritis, Inkuiri, Modul.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Oct 2020 04:05
Last Modified: 27 Oct 2020 04:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12778

Actions (login required)

View Item View Item