PRAMESTI, REGITA MELIANA (2019) Penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan media cerita bergambar untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v tema 7 peristiwa dalam kehidupan di sd kutoharjo 01 pati. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HAL. JUDUL.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (166kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (341kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (568kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (229kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (17MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru melalui model Problem Based Learning berbantuan media cerita bergambar tema 7 peristiwa dalam kehidupan kelas V SD N Kutoharjo 01. Hasil belajar merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik setelah ia memperoleh pengalaman belajar, baik kognitif, afektif, psikomotorik.Problem Based Learningadalah model pembelajaran yang ditandai dengan adanya suatu permasalahan yang diberikan kepada siswa untuk diselesaikan secarabersama.Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah Problem Based Learning hasil belajar siswa dan keterampilan guru kelas V SDN Kutoharjo 01. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas V SDN Kutoharjo 01 dengan subjek penelitian 28 siswa.Penelitian ini terdiri dari dua siklus.Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencana, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variable bebas adalah model Problem Based Learning cerita bergambar. Sedangkan varabel terikatnya adalah hasil belajar dan keterampilan guru.Instrument penelitian ini adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi.Analisis data kuatitatif dan kuantitatif. Hasil belajar aspek pengetahuan siswa muatan IPS meningkat cukup signifikan antara siklus I (61%) dan siklus II (82%).Muatan Bahasa Indonesia dengan ketuntasan pada siklus I sebesar (64%) dan siklus II (89%). Peningkatan hasil belajar aspek keterampilan siswa muatan IPS pada siklus I 57% (Perlu Bimbingan) menjadi 86% (Baik). Muatan Bahasa Indonesia siklus I 57% (Perlu Bimbingan) menjadi 89% (Baik).Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan pada siklus I 78% (Baik) menjadi 91% (Sangat Baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilaksanakan pada kelas V SDN Kutoharjo 01 dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning berbantuan media cerita bergambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan keterampilan mengajar guru pada tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan. Peneliti memberikan saran agar model Problem Based Learning dapat diterapkan dalam pembelajaran dan dikembangkan dengan penggunaan media pembelajaran dan dikembangkan dengan penggunaan media pembelajaran sesuai dengan materi sehingga siswa dengan mudah memahami materi.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Dr. Murtono, M. Pd. Pembimbing 2 M. Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Problem Based Learing, Media Cerita Bergambar, Tema 7 Peristiwa Dalam Kehidupan. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 Oct 2020 04:30 |
Last Modified: | 31 Oct 2020 04:30 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12786 |
Actions (login required)
View Item |