KHAJ, AHMAD KHOIRUL (2019) Penerapan model numbered head together berbantuan media roda putar untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sd. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
Hal. Judul.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Accepted Version Download (290kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (504kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (254kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (367kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (10MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan (1) untuk mendeskripsikan penerapan model NHT berbantuan media roda putar dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV pada tema 9 Kayanya, (2) untuk mendeskripsikan keterampilan guru pada pembelajaran tema 9 Kayanya Negeriku kelas IV SD 1 Ngembal Kulon Kudus melalui model pembelajaran NHT berbantuan media roda putar, (3) untuk mendeskripsikan peningkatan aktivitas siswa pada pembelajaran tema 9 Kayanya Negeriku kelas IV SD 1 Ngembal Kulon Kudus melalui penerapan model pembelajaran NHT berbantuan media roda putar. Model pembelajaran Numbered Head Together adalah kegiatan proses pembelajaran yang setiap siswanya dikelompokkan dan diberi nomor di kepala. Media Roda Putar adalah media permainan berupa roda atau lingkaran yang terbagi menjadi beberapa bagian yang di dalamnya terdapat pertanyaan-pertanyaan Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa siklus I mencapai rata-rata 73,39 dengan kriteria perlu bimbingan, lalu pada siklus II meningkat dengan rata-rata sebesar 80,62 dengan kriteria cukup. Keterampilan guru dalam mengajar siklus I memcapai rata-rata 74, 5 dengan kriteria perlu bimbingan dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 87 dengan kriteria baik. Aktivitas siswa aspek sikap pada siklus I mencapai rata-rata 74,5 dengan kriteria perlu bimbingan dan meningkat pada siklus II menjadi 86 dengan kriteria baik. Aktivitas siswa aspek keterampilan siklus I mencapai rata-rata 75 dengan kriteria cukup dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 86,5 dengan kriteria baik. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model NHT berbantuan media roda putar dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta aktivitas siswa pada kelas IV tema 9 di SD 1 Ngembal Kulon Kudus. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan di kelas IV SD 1 Ngembal Kulon Kudus dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT berbantaun media roda putar dapat meingkatkan kemampuan berpikir kritis siswa serta aktivitas siswa pada tema 9 kelas IV di SD 1 Ngembal Kulon Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1 Khamdun, S.Pd., M.Pd,. Pembimbing 2 Muhammad Noor Ahsin, S.Pd., M.Pd,. |
Kata Kunci: | NHT, Roda Putar, Kemampuan Berpikir Kritis. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 31 Oct 2020 04:55 |
Last Modified: | 31 Oct 2020 04:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12788 |
Actions (login required)
View Item |