Pengaruh model pembelajaran eksperimen berbantuan Benda konkret terhadap pemahaman konsep kelas iv Tema 8 daerah tempat tinggalku sdn Langenharjo 01 pati

ASTUTIK, KHOLIP (2019) Pengaruh model pembelajaran eksperimen berbantuan Benda konkret terhadap pemahaman konsep kelas iv Tema 8 daerah tempat tinggalku sdn Langenharjo 01 pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
hal. judul 2.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I1.pdf - Accepted Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (918kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (586kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (106kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA GABUNGAN.pdf - Accepted Version

Download (164kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (17MB) | Request a copy

Abstrak

Proses pembelajaran berceramah membuat siswa menjadi bosan dan tidak bersemangat dalam proses belajar. Hal ini dibuktikan dengan kenyataan pada kelas IV di SDN Langenharjo 1 Pati. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Eksperimen Berbantuan Benda Konkret Terhadap Pemahaman Konsep Kelas IV Tema 8 Daerah Temapat Tinggalku SDN Langenharjo 01 untuk menganalisis, mengevaluasi dan mencari tahu informasi untuk mendapatkan respon yang dilakukan. Eksperimen merupakan model pembelajaran dimana siswa melakukan percobaan secara langsung dan mengetahui hasilnya sendiri sehingga siswa mampu menyimpulkan teori. Benda konkret adalah benda nyata untuk mempermudah dalam proses belajar sehingga siswa tidak berpikir abstrak. Siswa mampu mengetahui proses pembelajaran dengan melakukan percobaan dengan menggunakan bendanyata seperti bola, mobil-mobilan dan kelereng. Penelitian Pre-Eksperimental design menggunakan pola One Group Pretest-Posttest Design.Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Langenharjo 01. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa-siswi SDN Langenharjo 01. Sampel Penelitian adalah SDN Langenharjo kelas VI ditentukan dengan teknik purposive sampling. Variabel bebas adalah model eksperimen benda konkret. Variabel terikat adalah pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, tes dan dokumentasi. Analaisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji t dan analisis pengetahuan, sikap, keterampilan pemahaman konsep siswa. Analisis data dalam penelitian yaitu analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan kemampuan pemahaman konsepdalam mengikuti pembelajaran model eksperimen berbantuan benda konkret dapat mencapai KKM, dilihat dari hasil analisis Equal Variances Assumed t test diperoleh dengan t hitung> t tabel(7.783 > 3.355), nilai signifikanya 0,000>0,005, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan uraian diatas bahwa terdapat pengaruh positif model eksperimen berbantuan benda konkret terhadap pemahaman konsep kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian disarankan kepada guru untuk menggunakan model eksperimen berbantuan benda konkret untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi hubungan gaya terhadap gerak benda dan teks fiksi. Bertujuan mempermudah siswa dalam proses belajar dan mempermudah guru mengajar siswa. Siswa lebih aktif belajar dan mengetahui informasi lebih banyak.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd Pembimbing 2 Fina Fakhriyah, M.Pd.
Kata Kunci: Eksperimen, Benda Konkret, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Oct 2020 05:06
Last Modified: 31 Oct 2020 05:06
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12789

Actions (login required)

View Item View Item