Peningkatan hasil belajar dengan model team game turnament berbantuan media magic pentagon boardpada kelas iv sd 1 prambatan lor kudus

ASSAURI, MUHAMMAD SOFYAN (2019) Peningkatan hasil belajar dengan model team game turnament berbantuan media magic pentagon boardpada kelas iv sd 1 prambatan lor kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Accepted Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (390kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (191kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB VI] Text (BAB VI)
BAB VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (111kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (239kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (36MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mengajar guru dalam mengelola pembelajaran dan aktivitas peserta didik serta meningkatkan hasil belajar ( pengetahuan, sikap, dan keterampilan) peserta didik dalam proses pembelajaran muatan IPA dan Bahasa Indonesia dengan menggunakan model pembelajaran Team Game Turnament(TGT) berbantuan media Magic Pentagon Board Tema 7 Indahnya Keragaman Dinegeriku pada peserta didik kelas IV SD 1 Prambatan Lor Kudus. Hasil belajar merupakan suatu hasil prestasi belajar yang dicapai peserta didik dalam proses kegiatan belajar mengajar dengan aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Hasil belajar peserta didik dapat meningkat dengan melalui model pembelajaran Team Game Turnament (TGT) berbantuan media Magic Pentagon Board. TGT merupakan model pembelajaran yang memadukan aspek tim (team), permainan (game), turnamen (turnament) yang bertujuan agar peserta didikmemperoleh kegiatan pembelajaran yang yang menyenangkan dan bermakna. Media Magic Pentagon Board merupakan media yang berbentuk segilima dimana tiap seginya mewakili 5 jenis gaya yaitu, gaya otot, gaya listrik, gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesek. Peneliti ini mengambil Tema 7 Indahnya Keragaman diNegeriku dan dua subtema yaitu subtema 1 Keragaman Suku Bangsa dan Agama diNegeriku dan subtema 2 Indahnya Keragaman Budaya diNegeriku. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar dan aktivitas peserta didik serta keterampilan mengajar guru dengan model TGT berbantuan media Magic Pentagon Board pada tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku di kelas IV SD 1 Prambatan Lor. Penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Tahapan tiap siklus yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan dikelas IV SD 1 Prambatan Lor Kudus dengan subjek penelitian 25 peserta didik. Variabel bebas dari penelitian ini adalah model pembelajaran TGT dan Magic Pentagon Board, sedangkan variabel terikat pada penelitian ini adalah hasil belajar, aktivitas peserta didik dan keterampilan mengajar gutu. Teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen tes yang digunakan berupa soal tes berbentuk pilihan ganda, essay dan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan persentase keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus 1 sebesar 55% dan siklus II menjadi 75%. Aktivitas belajar peserta didik meningkat dari 60% pada siklus I menjadi 80% pada siklus II. Hasil belajar peserta didik (1) aspek pengetahuan pada siklus I sebesar 64% menjadi 84% pada siklus II, (2) aspek sikap pada siklus I sebesar 56% menjadi 80% pada siklus II, (3) aspek keterampilan pada siklus I sebesar 64% menjadi 84% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada kelas IV SD 1 Prambatan Lor Kudus dapat disimpulkan bahwa melalui model Team Game Turnamnet berbantuan media Magic Pentagon Boarddapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas belajar peserta didik, dan hasil belajar (penegtahuan, sikpa, dan keterampilan) peserta didik dalam pembelajaran IPA materi jenis-jenis gaya, dan Bahasa Indonesia materi menggali informasi baru dari teks nonfiksi. Saran dalam penelitian ini, guru hendakanya menggunakan model pemebalajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik, sehingga peserta didik tidak cepat merasa bosan dalam pemeblajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1 Dr. Murtono, M.Pd Pembimbing 2 Sekar Dwi Ardianti, S.Pd, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil belajar, TGT, Magic Pentagon Board, IPA dan Bahasa Indonesia
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 31 Oct 2020 05:18
Last Modified: 31 Oct 2020 05:18
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/12790

Actions (login required)

View Item View Item