Meningkatkan kepercayaan diri dalam bergaul melalui bimbingan kelompok teknik live model pada siswa Kelas vii d SMP 2 Dawe Kudus

KURNIAWAN, RUDI (2020) Meningkatkan kepercayaan diri dalam bergaul melalui bimbingan kelompok teknik live model pada siswa Kelas vii d SMP 2 Dawe Kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (608kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (221kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV]
Preview
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (40kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan diselenggarakannya penelitian ini yaitu: 1. Mendeskripsikan penerapan bimbingan kelompok teknik live model dalam meningkatkan kepercayaan diri dalam bergaul siswa kelas VII D SMPN 2 Dawe Kudus. 2. Mendeskripsikan peningkatan kepercayaan diri dalam bergaulpada siswa kelas VII D SMP 2 Dawe Kudus setelah penerapan bimbingan kelompok teknik live model. Percaya diri dalam bergaul merupakan sikap yang harus dimiliki oleh siswa kelas VII D SMP 2 Dawe Kudus agar mampu mengembangkan diri dan potensinya dalam hubungan sosial. Percaya diri dalam bergaul didasarkan kepada perilaku yang mampu berbaur dengan teman dengan berbagai latar belakang, tidak memiliki keraguan untuk memeulai percapakan atau berinteraksi dengan sekelilingnya, dan selalu merasa yakin dengan apa yang dimilikinya , tidak memandang dirinya lebih rendah dari orang lain. Bimbingan kelompok merupakan salah satu jenis layanan yang ada dalam bimbingan dan konseling. Memilki karakteristik yang berbeda dengan layanan yang lain, salah satunya adalah optimalisasi diskusi yang berlangsung antar anggota kelompo, atau antara ketua kelompok dengan para anggotanya. Sehingga kedekatan personal semakin terbentuk melalui interaksi yang terjalin selama proses bimbingan kelompok berlangsung. Teknik Live Model merupakan salah satu jenis permodelan (modeling) dalam pendekatan Behavioristik, yang memiliki tujuan memberikan pelajaran atau percontohan perilaku yang dipandang sesuai dengan tujuan ingin dicapai baik oleh konselor dan atau konseli. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 2 Dawe Kudus. Penelitian ini berlangsung dalam periode tahun pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian yaitu PTBK dengan tahap: 1. Perencanaan, 2. Pelaksanaan, 3. Pengamatan dan 4. Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilaksanakan 3 kali pertemuan. Subjek penelitian sebanyak tujuh siswa kelas VII D SMP N 2 Dawe Kudus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi danwawancara. Analisis data yang digunakan aalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil pelaksanaan diketahuu kepercayaan diri dalam bergaul pada siswa kelas VII D SMP N 2 Dawe Kudus telah mengalami peningkatan. Pada pra siklusdiketahui skor kepercayaan diri dalam bergaul sebesar memperoleh skor sebesar 239 dengan rata-rata 34 dalam kategori (Sangat Kurang). Pada siklus I mendapatkan skor 360 dengan rata-rata skor 51 masuk kategori (Kurang). Siklus II diketahui skor kepercayaan diri dalam bergaul telah meningkat yaitu 542 dengan rata-rata 77 kategori (Sangat Baik). Saran yang disampaikan peneliti sebagai berikut: 1. Siswa hendaknya mempertahankan kepercayaan diri dalam bergaul setelah pemberian bimbingan kelompok teknik live model; 2. Guru Bimbingan dan Konseling hendaknya memberikan layanan bimbingan kelompok teknik live model dalam meningkatkan permasalahan atau hambatan yang dialami siswa dalam bidang pribadidan sosial; 3. Kepala sekolah hendaknya memeberikan kebijakan dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling di sekolahyang dikhususkan pada bidnag pribadi dan sosial di SMP N 2 Dawe Kudus; 4. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan dan mempertimbangkan jenis penelitian yang lain, seperti kualitatif (studi kasus) dalam mengatasi atau meningkatkan kepercayaan diri dalam bergaul siswa, sehingga mampu memberikan analisis yang mendalam mengenai perubahan perilaku dan perasaan yang dialami oleh subjek penelitian.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 Drs. Sucipto, M.Pd., Kons. Dosen Pembimbing 2 Drs. Susilo Raharjo, M.Pd., Kons.
Kata Kunci: Percaya Diri, Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Live Model.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Psikologi pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 22 Jun 2021 19:28
Last Modified: 22 Jun 2021 19:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14202

Actions (login required)

View Item View Item