Penerapan model knisley berbantuan media jing-jing baruntuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematiskelas v sd 01 bakalan krapyak

SARI, LILIK INDAH (2020) Penerapan model knisley berbantuan media jing-jing baruntuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematiskelas v sd 01 bakalan krapyak. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (919kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (458kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (218kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (13MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi dengan rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi jaring-jaring bangun ruang. Hal ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Knisley dan menemukan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, akativitas siswa, serta keterampilan mengajar guru pada mata pelajaran Matematika materi jaring-jaring bangun ruang kelas V SD 01 Bakalan Krapyak. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 01 Bakalan Krapyak dengan subjek penelitian 22 siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus yang terdiri dari 3 pertemuan pada setiap siklusnya. Pada setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas pada penelitian ini yaitu model Knisley berbantuan media jing-jing bar. Sedangkan variable terikatnya yaitu kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan mengajar guru. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu instrumen non tes serta intrumen tes, pada instrumen penelitian non tes terdiri dari lembar observasi serta lembar pedoman wawancara, sedangkan instrumen penelitian tes terdiri dari soal evaluasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi jaring-jaring bangun ruang yang cukup signifikan dari prasiklus 30%, siklus I 67%, dan siklus II 82%. Aktivitas belajar siswa siklus I 41% (Perlu Bimbingan) dan siklus II 67% (Cukup). Keterampilan mengajar guru siklus I 78% (Terampil) dan siklus II 85% (Sangat Terampil). Dengan demikian penerapan model pembelajaran knisley berbantuan media jing-jing bar dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, keterampilan mengajar guru, serta aktivitas belajar siswa pada SD 01 Bakalan Krapyak. Pada setiap melaksanakan pembelajaran akan lebih baik mengatur waktu dengan sebaik mungkin agar lebih efektif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing 1 Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2 Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Pemecahan Masalah Matematis, Aktivitas Belajar Siswa, Knisley, Media Jing-jing Bar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 23 Jun 2021 19:53
Last Modified: 23 Jun 2021 19:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14230

Actions (login required)

View Item View Item