SARI, NITA MUSTIKA (2020) Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model teams games tournament berbantuan permainan tradisional pletokan pada tema 7 Kelas iv sdn pati wetan 03. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (590kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (231kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (346kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (369kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (819kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (127kB) | Request a copy |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (129kB) | Preview |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (8MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Artikel)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam proses pembelajaran melalui model Teams Games Tournament berbantuan Permainan Tradisional Pletokan pada Tema 7 Kelas IV SDN Pati Wetan 03. Berpikir kritis adalah suatu proses berpikir tentang suatu ide atau gagasan yang berhubungan dengan konsep atau masalah yang harus dikembangkan karena dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa dan keberhasilan dalam proses pembelajaran.. Teams Games Tournament merupakan model pembelajaran yang menarik dan tidak membosankan karena siswa diajak untuk melakukan bermain sambil belajar. Permainan Pletokan adalah senjata maianan yang terbuat dari bambu dan pelurunya dari kertas yang dibasahi. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa melalui model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan permainan tradisional pletokan pada tema 7 kelas IV SDN Pati Wetan 03. Penelitian tindakan kelas ini sudah dilaksanakan di kelas IV SDN Pati Wetan 03 dengan subjek penelitian 35 siswa dan guru yang direncanakan dalam 2 siklus masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran tema 7 melalui model TGT berbantuan media permaianan pletokan meningkat. Kemampuan berpikir kritis siswa pada siklus I sebesar 70,2 dan meningkat pada siklus II menjadi 81,6. Keterampilan guru pada siklus I mendapatkan nilai 71, sedangkan pada siklus II meningkat dengan nilai 85,9. Aktivitas siswa aspek sikap meningkat dari siklus 1 sebesar 68,75 dan meningkat menjadi 78 pada siklus II. Sedangkan aktivitas siswa aspek keterampilan meningkat dari siklus 1 sebesar 70,5 menjadi 79,7 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas IV SD Pati Wetan 03 bahwa menggunakan model TGT berbantu media Permainan Pletokan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada tema 7 di SDN Pati Wetan 03.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Siti Masfuah, S.Pd, M.Pd (2) Sekar Dwi Ardianti, S.PD, M.Pd. |
Kata Kunci: | Teams Games Tournament, Berpikir Kritis, Media Pletokan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 21:56 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 21:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14247 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |