SETYAWATI, DWI HESTI LILIS (2020) Penerapan model contextual teaching and learning berbantuan media lempar karet pengetahuan untuk peningkatan berpikir kritis pada tema 6 Cita-citaku kelas iv sd 2 tenggeles kudus. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (501kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (249kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (738kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (227kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (15MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan mengajar guru dalam proses pembelajaran melalui penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Leker (Lempar Karet) Pengetahuan pada Tema 6 Cita-citaku Kelas IV SD 2 Tenggeles. Berpikir kritis merupakan kemampuan menafsirkan, mengidentifikasi, dan menganalisis suatu gagasan maupun informasi yang diterima kemudian dibandingkan kebenarannya dengan pengetahuan yang dimiliki sebelumnya sehingga mampu menarik kesimpulan dengan tepat. Contextual Teaching and Learning merupakan suatu konsep yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata, sehingga siswa mampu menerapkan pengetahuan yang dimilikinya dalam kehidupan sehari-hari. Media Leker Pengetahuan adalah media konkret yang divisualkan dan dibuat menjadi sebuah permainan lempar karet yang terbuat dari kayu. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini adalah penerapan model Contextual Teaching and Learning berbantuan media Lempar Karet Pengetahuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada Tema 6 Cita-citaku kelas IV SD 2 Tenggeles. Penelitian tindakan kelas ini berlangsung dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari empat tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan berpikir kritis siswa, lembar observasi keterampilan guru, dan lembar aktivitas siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan berpikir kritis siswa pada tema 6 cita-citaku dari siklus 1 mencapai ketuntasan klasikal 68,42% ke siklus II mencapai 84,21% dan skor rata-rata aktivitas belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I mendapatkan 67 dan pada siklus II mendapatkan 78. Peningkatan juga terjadi pada skor rata-rata keterampilan mengajar guru siklus I mencapai 74, pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 82. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning berbantuan media Lempar Karet Pengetahuan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru pada tema 6 cita-citaku kelas IV SD 2 Tenggeles.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing 1 Fina Fakhriyah, S.Pd, M.Pd Dosen Pembimbing 2 Khamdun, S.PD, M.Pd. |
Kata Kunci: | Contextual Teaching and Learning, Berpikir Kritis, Media Leker Pengetahuan |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 23:14 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 23:14 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14248 |
Actions (login required)
View Item |