Penerapan model talking stick berbantuan media waraga untuk peningkatan hasil belajar tema 7 kelas iv sd negeri 2 pecangaan wetan

ALIFA, SAKTIA (2020) Penerapan model talking stick berbantuan media waraga untuk peningkatan hasil belajar tema 7 kelas iv sd negeri 2 pecangaan wetan. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal Judul]
Preview
Text (Hal Judul)
Hal. Judul.pdf - Published Version

Download (739kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
Bab I.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
Bab II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
Bab III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (338kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (583kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
Bab V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran yang belum terpusat pada siswa dan kurang inovatif menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa. Hal ini terbukti dengan kenyataan yang ditemui di SD Negeri 2 Pecangaan Wetan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dan mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada muatan IPS dan Bahasa Indonesia tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku melalui penerapan model Talking Stick berbatuan media waraga. Model Talking Stick merupakan model pembelajaran yang memiliki aturan siapa yang memegang tongkat wajib menjawab pertanyaan dari guru setelah sebelumnya mempelajari materi. media waraga (wayang keragaman) merupakan media berbentuk gambar yang ditempelkan pada tongkat dengan disertai teks deskripsi gambar tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah guru dan seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Pecangaan Wetan yang berjumlah 28 siswa. Penelitian terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Siklus terdiri dari empat tahapan meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni teknik tes dan teknik nontes. Analisis data yang digunakan yakni analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian membuktikan terjadinya peningkatan keterampilan mengajar. Pada siklus I memperoleh skor 83,5 dengan persentase skor 77,3% yang termasuk kategori baik, dan pada siklus II memperoleh skor 92 dengan persentase skor 85% yang termasuk kategori sangat baik. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa. Pada hasil belajar muatan IPS ranah pengetahuan, siklus I memperoleh persentase ketuntasan klasikal 68%, sedangkan siklus II memperoleh persentase ketuntasan klasikal 86%. Pada hasil belajar muatan Bahasa Indonesia ranah pengetahuan, siklus I memperoleh persentase ketuntasan klasikal 61%, sedangkan siklus II memperoleh persentase ketuntasan klasikal 75%. Pada hasil belajar tematik IPS dan Bahasa Indonesia ranah keterampilan, siklus I memperoleh persentase ketuntasan klasikal 50%, sedangkan siklus II memperoleh persentase ketuntasan klasikal 75%. Penerapan model Talking Stick berbantuan media waraga menunjukkan siswa fokus pada pembelajaran, melatih keberanian dan kepercayaan diri siswa, lebih mudah mengingat materi karena materi diulang-ulang sehingga hasil belajar meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Dosen Pembimbing (1) Imaniar Purbasari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing (2) Ristiyani, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: hasil belajar, media waraga, model talking stick, tema 7 indahnya keragaman di negeriku.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 26 Jun 2021 00:03
Last Modified: 26 Jun 2021 00:03
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14322

Actions (login required)

View Item View Item