Penerapan model think pair share berbantuan Media papi (papan pintar) untuk meningkatkan Hasil belajar siswa kelas iv tema 7 Di sdn sukobubuk 01

NADRIYAH, NISAFATUN (2020) Penerapan model think pair share berbantuan Media papi (papan pintar) untuk meningkatkan Hasil belajar siswa kelas iv tema 7 Di sdn sukobubuk 01. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (456kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (352kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (283kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (419kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (827kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (130kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[thumbnail of Artikel] Text (Artikel)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (669kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dan peningkatan hasil belajar siswa melalui model Think Pair Share berbantuan media Papi Papan Pintar pada tema 7 Indahnya keragaman di Negeriku di SDN Sukobubuk 01. Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi setelah mengikuti proses belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Model Think Pair Share adalah model pembelajaran yang memberi waktu untuk berfikir, merespon satu sama lain dan melatih siswa untuk berani berpendapat. Media Papi merupakan alat yang digunakan untuk pembelajaran yaitu papan dan gambar. Materi pada tema 7 muatan Bahasa Indonesia dan PPKn ini adalah menentukan gagasan pokok dalam menggali pengetahuan baru dari teks Nonfiksi, keragaman suku bangsa, agama dan budaya. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Papi. Sedangkan variable terikatnya yakni hasil belajar tema 7 Indahnya keragaman di Negeriku. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa baik ranah pengetahuan, sikap maupun keterampilan. Keterampilan guru pada siklus I sebesar 62% dan pada siklus II meningkat sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa muatan Bahasa Indonesia pada siklus I persentase ketuntasan klasikal 61,11% dan meningkat pada siklus II sebesar 83,33% dengan kategori cukup, sedangkan hasil belajar muatan PPKn pada siklus I memperoleh 72,22%, dan pada siklus II meningkat sebesar 88,88% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar ranah sikap pada siklus I sebesar 73% pada siklus II 81,1% dengan kategori baik. Hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I sebesar 74,5% pada siklus II 82% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas IV SDN Sukobubuk 01, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbantu media Papi dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: (I) Sekar Dwi Ardianti,S.Pd.,M.Pd. (II) Santoso,S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Think Pair Share, Media Papi Papan Pintar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Jun 2021 19:19
Last Modified: 27 Jun 2021 19:19
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14325

Actions (login required)

View Item View Item