NADRIYAH, NISAFATUN (2020) Penerapan model think pair share berbantuan Media papi (papan pintar) untuk meningkatkan Hasil belajar siswa kelas iv tema 7 Di sdn sukobubuk 01. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (456kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (352kB) | Preview |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (283kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (419kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (827kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (130kB) | Request a copy |
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (266kB) | Preview |
![]() |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (Artikel)
ARTIKEL ILMIAH.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (669kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan mengajar guru dan peningkatan hasil belajar siswa melalui model Think Pair Share berbantuan media Papi Papan Pintar pada tema 7 Indahnya keragaman di Negeriku di SDN Sukobubuk 01. Hasil belajar merupakan perubahan yang terjadi setelah mengikuti proses belajar yang sesuai dengan tujuan pembelajaran. Model Think Pair Share adalah model pembelajaran yang memberi waktu untuk berfikir, merespon satu sama lain dan melatih siswa untuk berani berpendapat. Media Papi merupakan alat yang digunakan untuk pembelajaran yaitu papan dan gambar. Materi pada tema 7 muatan Bahasa Indonesia dan PPKn ini adalah menentukan gagasan pokok dalam menggali pengetahuan baru dari teks Nonfiksi, keragaman suku bangsa, agama dan budaya. Penelitian yang digunakan oleh peneliti adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian 18 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dan terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Variable bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Think Pair Share berbantuan media Papi. Sedangkan variable terikatnya yakni hasil belajar tema 7 Indahnya keragaman di Negeriku. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan keterampilan guru dan hasil belajar siswa baik ranah pengetahuan, sikap maupun keterampilan. Keterampilan guru pada siklus I sebesar 62% dan pada siklus II meningkat sebesar 82% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar siswa muatan Bahasa Indonesia pada siklus I persentase ketuntasan klasikal 61,11% dan meningkat pada siklus II sebesar 83,33% dengan kategori cukup, sedangkan hasil belajar muatan PPKn pada siklus I memperoleh 72,22%, dan pada siklus II meningkat sebesar 88,88% dengan kategori sangat baik. Hasil belajar ranah sikap pada siklus I sebesar 73% pada siklus II 81,1% dengan kategori baik. Hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I sebesar 74,5% pada siklus II 82% dengan kategori baik. Dari hasil penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan di kelas IV SDN Sukobubuk 01, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Think Pair Share berbantu media Papi dapat meningkatkan hasil belajar siswa tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (I) Sekar Dwi Ardianti,S.Pd.,M.Pd. (II) Santoso,S.Pd.,M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasil Belajar, Think Pair Share, Media Papi Papan Pintar |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jun 2021 19:19 |
Last Modified: | 27 Jun 2021 19:19 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14325 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |