ISMAYA, FAHRIZA DEAZ (2020) Penerapan model student teams achievement division (stad) berbantuan media video pembelajaran Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas v tema 7 Sd 5 gondoharum kudus. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal Judul)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (834kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (348kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (680kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (888kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (317kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (329kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (29MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar, dan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model student teams achievement division (STAD) berbantuan media video pembelajaran Kelas V Tema 7 “Peristiwa dalam Kehidupan” di SD 5 Gondoharum pada muatan pelajaran IPS dan bahasa Indonesia. Hasil belajar merupakan perubahan-perubahan pada siswa yang dapat dilihat dari tingkat keberhasilan siswa pada aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai hasil dari kegiatan belajar. Penelitian ini memfokuskan pada hasil belajar aspek pengetahuan dan keterampilan. Model student teams achievement division (STAD) memiliki empat tahapan yaitu presentasi kelas, kerja kelompok, kuis, peningkatan nilai individu, dan penghargaan kelompok. Penelitian tindakan kelas (PTK) dilaksanakan pada kelas V SD 5 Gondoharum dengan subjek penelitian 21 siswa. Variabel bebas penelitian ini adalah model STAD berbantuan media video pembelajaran, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Penelitian ini dilakukan II siklus terdiri dari 2 tahapan rancangan PTK yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dari hasil observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar wawancara, observasi, dan tes. Analisis data berupa analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian pembelajaran tema 7 mengalami peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran mengalami peningkatan persentase 76% (Baik) siklus I menjadi 87% (Sangat Baik) siklus II. Hasil aktivitas belajar siswa persentasenya 74,3% (Cukup) pada siklus I menjadi 81,2% (Baik) siklus II. Hasil belajar aspek pengetahuan muatan IPS pada prasiklus persentasenya 65,7% (Perlu Bimbingan); siklus I 76,3% (Cukup) dan siklus II 87,8% (Baik). Hasil belajar aspek pengetahuan muatan bahasa Indonesia pada prasiklus persentasenya 66,4% (Perlu Bimbingan); siklus I 74,3% (Cukup); dan siklus II 86,5% (Sangat Baik). Hasil belajar aspek keterampilan rata-rata persentasenya 73,5% (Cukup) siklus I dan 84,2% (Baik) pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah terlaksana pada kelas V SD 5 Gondoharum dapat disimpulkan bahwa penerapan model student teams achievement division (STAD) berbantuan media video pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V tema 7 SD 5 Gondoharum Kudus.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Dosen Pembimbing (1) Dr. Murtono, M.Pd Dosen Pembimbing (2) Deka Setiawan, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | hasil belajar, media video pembelajaran, model student teams achievement division (stad). |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Tes, pengukuran, dan evaluasi belajar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 27 Jun 2021 19:22 |
Last Modified: | 27 Jun 2021 19:22 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14326 |
Actions (login required)
View Item |