Analisis tbla (transcript based lesson analysis) penguasaan konsep matematika melalui model pembelajaran tps (think pair share ) berbantu permainan alat konversi di sdn bendo

HARIYANTO, HARIYANTO (2020) Analisis tbla (transcript based lesson analysis) penguasaan konsep matematika melalui model pembelajaran tps (think pair share ) berbantu permainan alat konversi di sdn bendo. Master thesis, UMK.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
Text (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (407kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (220kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (255kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[thumbnail of Lampiran] Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (637kB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengungkap pola konstruksi pengetahuan melalui penguasaan konsep dengan menggunakan Trancript Bassed Learning (TBLA). Penelitian ini melibatkan siswa kelas 5 SDN Bendo berjumlah 28 siswa. Pada penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus yaitu siklus 1 berfokus pada materi konversi satuan panjang sedangkan siklus 2 berkonsentrasi pada materi penjumlahan dan pengurangan konversi satuan panjang. Kegiatan dalam setiap siklus direkam melalui video atau audio. Kemudian rekaman tersebut dijadikan transcript dialog pembelajaran kemudian dianalisis menggunakan tipe respon siswa Arvaja (2007). Setelah dilakukan analisis transcript , terjadi pola konstruksi penguasaan konsep pada siklus 1, tipe respon yang sangat menonjol adalah Responsive (A), Elaboration (EL) dan Judgemental (J). Sedangkan tipe respon siswa pada siklus 2 lebih dominan tipe Responsive (A), Exemplification (EX) dan Organizing (OR). Sedangkan pergeseran pola konstruksi terjadi saat pembelajaran yaitu pola respon (A, EL, J) menjadi (A, EX,OR) yang mana perubahan konstrusi disebabkan meningkatnya pengalaman belajar yang dialami para siswa. Selain analisis transcript pada kegiatan terakhir siswa diberikan ujian tertulis melalui LKS (Lembar Kerja Siswa). Untuk siklus I nilai rata- rata kelas mencapai 75,36 sedangkan pada siklus 2 nilai rata- rata mencapai 78,93. Untuk persentase ketuntasan semua siklus telah melebihi 80%.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: (1) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., (2) Dr. Santoso, M.Pd.
Kata Kunci: TBLA, model pembelajaran pair think share, permainan alat konvers, penguasaan konsep matematika.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Jul 2021 20:17
Last Modified: 01 Jul 2021 20:17
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14367

Actions (login required)

View Item View Item