HARIYANTO, HARIYANTO (2020) Analisis tbla (transcript based lesson analysis) penguasaan konsep matematika melalui model pembelajaran tps (think pair share ) berbantu permainan alat konversi di sdn bendo. Master thesis, UMK.
Preview |
Text (Hal. Judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (407kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (166kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (361kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (101kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (290kB) | Preview |
Text (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (637kB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah mengungkap pola konstruksi pengetahuan melalui penguasaan konsep dengan menggunakan Trancript Bassed Learning (TBLA). Penelitian ini melibatkan siswa kelas 5 SDN Bendo berjumlah 28 siswa. Pada penelitian ini terbagi menjadi 2 siklus yaitu siklus 1 berfokus pada materi konversi satuan panjang sedangkan siklus 2 berkonsentrasi pada materi penjumlahan dan pengurangan konversi satuan panjang. Kegiatan dalam setiap siklus direkam melalui video atau audio. Kemudian rekaman tersebut dijadikan transcript dialog pembelajaran kemudian dianalisis menggunakan tipe respon siswa Arvaja (2007). Setelah dilakukan analisis transcript , terjadi pola konstruksi penguasaan konsep pada siklus 1, tipe respon yang sangat menonjol adalah Responsive (A), Elaboration (EL) dan Judgemental (J). Sedangkan tipe respon siswa pada siklus 2 lebih dominan tipe Responsive (A), Exemplification (EX) dan Organizing (OR). Sedangkan pergeseran pola konstruksi terjadi saat pembelajaran yaitu pola respon (A, EL, J) menjadi (A, EX,OR) yang mana perubahan konstrusi disebabkan meningkatnya pengalaman belajar yang dialami para siswa. Selain analisis transcript pada kegiatan terakhir siswa diberikan ujian tertulis melalui LKS (Lembar Kerja Siswa). Untuk siklus I nilai rata- rata kelas mencapai 75,36 sedangkan pada siklus 2 nilai rata- rata mencapai 78,93. Untuk persentase ketuntasan semua siklus telah melebihi 80%.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Master) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | (1) Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd., (2) Dr. Santoso, M.Pd. |
Kata Kunci: | TBLA, model pembelajaran pair think share, permainan alat konvers, penguasaan konsep matematika. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2) |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 01 Jul 2021 20:17 |
Last Modified: | 01 Jul 2021 20:17 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14367 |
Actions (login required)
View Item |