Analisis perhatian orang tua selama pembelajaran daring terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa

fatmala, shofi (2021) Analisis perhatian orang tua selama pembelajaran daring terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
HAL.JUDUL.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (347kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (823kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (489kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (243kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

perhatian orang tua dan kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perhatian orang tua yang diberikan selama pembelajaran daring, faktor-faktor yang mempengaruhi perhatian orang tua serta peran perhatian orang tua terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Dengan rumusan masalah bentuk perhatian orang tua selama pembelajaran daring, faktor-faktor yang mempengaruhinya serta peran perhatian orang tua terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Penelitian ini membahas tentang bentuk perhatian orang tua selama pembelajaran daring, faktor-faktor yang mempengaruhi perhatian orang tua dan peran perhatian orang tua terhadap kemampuan pemahaman matematis siswa. Perhatian orang tua merupakan pemusatan tenaga psikis dan kesadaran oleh orang tua yang ditujukan kepada anaknya yang akan memberikan dampak positif terhadap pencapaian belajar anak terutama kemampuan pemahaman matematis siswa. Terdapat lima bentuk perhatian orang tua yakni, (1) pemberian bimbingan, (2) memberikan nasehat, (3) memberikan motivasi dan penghargaan, (4) memenuhi kebutuhan anak, (5) pengawasan terhadap anak. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perhatian orang tua yaitu pembawaan, latihan dan kebiasaan, kebutuhan, kewajiban, keadaan jasmani, suasana jiwa dan sekitar, dan kuat tidaknya perangsang. Sedangkan kemampuan pemahaman matematis siswa merupakan kemampuan untuk menjelaskan dan menerapkan konsep pada suatu permasalahan. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di Desa Pasuruhan dan Ploso Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian siswa, orang tua siswa, dan guru dari beberapa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini didapatkan hasil bahwa sebagian besar orang tua memberikan perhatian kepada siswa. Faktor-faktor yang mempengaruhi perhatian orang tua siswa yakni, (1) adanya keinginan/kebutuhan, (2) kuat tidaknya stimulus, (3) kesibukan kegiatan/pekerjaan, (4) kondisi fisik, (5) suasana jiwa dan sekitar, (6) kemampuan pendidikan orang tua. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa siswa memiliki kemampuan pemahaman matematis yang cukup, dengan 5 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas. Perhatian orang tua sangat penting bagi anak dalam kemampuan pemahaman matematisnya, namun perhatian orang tua merupakan salah satu faktor yang menunjang kemampuan tersebut, dan terdapat beberapa faktor lain yang yang dapat menunjang kemampuan pemahaman matematis siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Henry Suryo Bintoro, S.Pd., M.Pd pembimbing 2 :Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: perhatian orang tua dan kemampuan pemahaman matematis siswa.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 27 Sep 2021 20:07
Last Modified: 27 Sep 2021 20:07
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14922

Actions (login required)

View Item View Item