SALSABILA, RAFIDA (2021) Analisis implementasi proses pembelajaran daring di Sd al islam pengkol jepara. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Text (HAL JUDUL)
1. Halaman Depan.pdf - Published Version Download (587kB) |
|
Text (BAB I)
2. BAB I.pdf - Published Version Download (181kB) |
|
Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (305kB) |
|
Text (BAB III)
4. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (116kB) |
|
Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (599kB) |
|
Text (BAB V)
6. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (170kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstrak
Penelitian ini betujuan untuk menganalisis proses pembelajaran daring yang berpengaruh terhadap siswa SD Al-Islam. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran daring yang terjadi di SD Al-Islam Pengkol dan hambatan apa saja yang terjadi pada saat pembelajaran daring di SD Al-Islam. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis bagaimana cara mengatasi pada hambatan yang sudah di alami pada saat proses pembelajaran daring khususnya bagi siswa sekolah dasar di SD Al-Islam. Pembelajaran daring adalah program penyelenggaraan kelas pembelajaran dalam jaringan, pembelajaran dapat diselenggarakan secara masif dengan peserta yang tidak terbatas dan dilaksanakan kapan saja dan dimana saja. Pemanfaatan jaringan internet oleh siswa dalam proses pembelajaran artinya guru tidak lagi melakukan pembelajaran secara penuh, tetapi memberikan kesempatan kepada siswa untuk bersama-sama melakukannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskripsi kualitatif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SD Al-Islam, Desa Pengkol, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara. Objek yang akan diteliti adalah proses pembelajaran daring yang diterapkan oleh guru kelas V di SD Al-Islam. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas 5, siswa kelas 5 dan orang tua siswa. Sedangkan data sekunder dalam penelitian ini didapatkan melalui dokumentasi, buku referensi, artikel, catatan penelitian serta data pendukung lainnya.Teknik pengumpulan data berupa wawancara, dokumentasi dan pencatatan. Hasil dari penelitian ini adalah proses pembelajaran daring yang terjadi di SD AL-Islam Pengkol Jepara menggunakan beberapa aplikasi yaitu zoom, whatsapp, youtube dan google form. Dari ketiga aplikasi tersebut yang sering digunakan dalam pembelajaran daring ialah whatsapp karena mudah digunakan oleh kalangan semua orang termasuk siswa dan guru. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan belajar dapat berjalan dengan baik dan efektif sesuai dengan kreatifitas guru dalam memberikan materi. Selain itu faktor lain dalam menunjang keberhasilan daring adalah dari orang tua.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Dr. Murtono, M.Pd., Pembimbing 2. Imaniar Purbasari, M.Pd., |
Kata Kunci: | Pembelajaran Daring, Siswa, Guru. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 04 Oct 2021 21:59 |
Last Modified: | 04 Oct 2021 21:59 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14963 |
Actions (login required)
View Item |