Strategi pembelajaran ips di masa covid 19 dengan menggunakan media internet di kelas iv sdn sumbermulyo 02 kecamatan winong kabupaten pati

SUNOTO, SUNOTO (2021) Strategi pembelajaran ips di masa covid 19 dengan menggunakan media internet di kelas iv sdn sumbermulyo 02 kecamatan winong kabupaten pati. Master thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of Hal Judul.pdf] Text
Hal Judul.pdf

Download (983kB)
[thumbnail of BAB  I.pdf] Text
BAB I.pdf

Download (425kB)
[thumbnail of BAB  II.pdf] Text
BAB II.pdf

Download (571kB)
[thumbnail of BAB  III.pdf] Text
BAB III.pdf

Download (366kB)
[thumbnail of BAB  IV.pdf] Text
BAB IV.pdf

Download (506kB)
[thumbnail of BAB V.pdf] Text
BAB V.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of Lampiran.pdf] Text
Lampiran.pdf

Download (345kB)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menganalisis strategi pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Sumbermulyo 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati di masa covid 19.(2) Untuk menganalisis penggunaan media internet dalam strategi pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Sumbermulyo 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati.(3) Untuk menganalisis respon siswa penggunaan media internet dalam strategi pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Sumbermulyo 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati. Pembelajaran IPS yang dilaksanakan di kelas IV SDN Sumbermulyo 02 Kecamatan Winong, prestasi belajar peserta didik menurun dikarenakan pembelajaran yang tidak efektif, tetapi setelah strategi pembelajaran dirubah menggunakan internet prestasi peserta didik mengalami peningkatan, karena pembelajaran dilaksanakan di rumah (work from home) secara daring yang menggunakan media internet. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti tertuju pada “Field Research” atau riset lapangan. Riset lapangan ini adalah melakukan penelitian di lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden yang berada di rumah atau di lokasi manapun yan telah diambil seorang peneliti. Teknik pengumpulan data dialakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis datanya yaitu : 1) Reduksi data (data reduction). 2) Penyajian data (data display). dan 3) Verifikasi (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media internet dalam strategi pembelajaran IPS di kelas IV SDN Sumbermulyo 02 yang dilaksanakan siswa setelah mendapatkan bimbingan dan motivasi dari guru permasalahan yang dihadapi oleh siswa semakin berkurang. Hal ini terbukti ada peningkatan prestasi siswa yang menunjukkan hasil yang cukup baik. Hasil ulangan semua siswa yang berjumlah 12 sudah ada 90% anak yang telah mencapai ketuntasan dalam belajar, pada ranah pengetahuan mencapai 90, tergolong baik sekali, pada ranah pengetahuan mencapai rata-rata 85 tergolong baik dan pada ranah psikomotor rata-rata siswa mencapai 85 tergolong baik. Peneliti menyimpulkan respon siswa penggunaan media internet dalam pembelajaran IPS di kelas IV SDN Sumbermulyo 02 Kecamatan Winong Kabupaten Pati, antara lain sebagai berikut: a). Siswa sangat senang belajar menggunaka media internet; b). Siswa lebih bersemangat untuk belajar; c). Membantu siswa dalam kemampuan belajar; d). Membantu siswa dalam pengembangan prestasi; e). Cara untuk memotivasi siswa dalam PBM; f). Membantu siswa dalam memecahkan masalah yang dihadapi oleh siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Master)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Dr. Su’ad, M.Pd., Pembimbing 2. Dr. Erik Aditia Ismaya, MA
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran IPS dan Media Internet
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Magister Pendidikan Dasar (S2)
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 04 Oct 2021 19:33
Last Modified: 04 Oct 2021 19:33
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14965

Actions (login required)

View Item View Item