Korelasi pola asuh orang tua dengan minat belajar anak usia sekolah dasar di excellent course

Rahmadanti, Lusiani (2021) Korelasi pola asuh orang tua dengan minat belajar anak usia sekolah dasar di excellent course. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (878kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (243kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (404kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (684kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (308kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (118kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pola asuh orang tua, mengetahui minat belajar anak dan mengetahui hubungan pola asuh dengan minat belajar anak usia sekolah dasar di Excellent Course. Pola asuh merupakan proses interaksi orang tua dengan anak dalam hal mendidik, membimbing serta mendisiplinkan dalam proses pendewasaan secara langsung maupun tidak langsung. Indikator dari pola asuh yaitu pola asuh otoriter, pola asuh demokratis dan pola asuh permisif. Minat belajar yaitu suatu dorongan yang timbul dari diri seseorang untuk mencapai tujuan dari hal yang diminati. Indikator minat belajar yaitu perasaan senang, ketertarikan untuk belajar, menunjukkan perhatian untuk belajar, dan keterlibatan dalam belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi. populasi penelitian ini adalah anak usia sekolah dasar di Excellent Course dengan pengambilan teknik sample non probability sampling. Analisis data yang digunakan yaitu uji hipotesis 1 dan 2 menggunakan analisis deskriptif data angket dan uji hipotesis 3 menggunakan uji korelasi. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan pola asuh orang tua di Excellent Course pada tiap indikator termasuk dalam kategori hampir setengahnya orang tua menerapkan pola asuh otoriter, demokratis maupun permisif. Minat belajar anak di Excellent Course pada indikator merasa senang, ketertarikan untuk belajar, menunjukkan perhatian saat belajar dan indikator keterlibatan dalam belajar termasuk dalam kategori hampir setengahnya anak memiliki minat belajar. Koefisiensi korelasi pola asuh otoriter dengan minat belajar sebesar −0,148 dimana t_(hitung )< t_(tabel )(−0,148 < 0,7545). pada hubungan pola asuh demokratis dengan minat belajar dengan koefisien korelasi sebesar −0,468 dimana t_(hitung )< t_(tabel )(−0,468 < 0,7545). dan juga pada indikator pola asuh permisif dengan minat belajar dengan koefisien korelasi sebesar −0,749 dimana t_(hitung )< t_(tabel )(−0,749 < 0,8114). Hal itu menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan antara pola asuh otoriter, demokratis maupun permisif dengan minat belajar anak di Excellent Course.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Fina Fakhriyah, S.Pd., M.Pd., pembimbing 2 :Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd
Kata Kunci: Pola Asuh Orang Tua, Minat Belajar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 28 Sep 2021 22:53
Last Modified: 28 Sep 2021 22:53
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14986

Actions (login required)

View Item View Item