Kartika, Muhammad (2021) Pelaksanaan pembelajaran daring di sd 2 tenggeles mejobo kudus pada masa pandemi covid-19. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.
Text (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (988kB) |
|
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (338kB) |
|
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (438kB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (372kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (429kB) | Request a copy |
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (675kB) |
|
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Latar belakang dilakukannya penelitian ini adalah melihat dari latar belakang kendala pembelajaran daring yang dialami oleh siswa dan guru dalam melakukan pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 di SD 2 Tenggeles. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kendala pembelajaran daring yang dialami oleh siswa, mendeskripsikan kendala pembelajaran daring yang dialami oleh guru, dan mendeskripsikan solusi kendala pembelajaran daring di SD 2 Tenggeles pada masa pandemi Covid-19. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif Deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, observasi dan wawancra. Lokasi penelitian ini adlaah di SD 2 Tenggeles yang beralamat di Desa Tenggeles Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus. Subjek penelitian yaitu 1 siswa yang diambil dari kelas I sampai kelas VI Semester I tahun ajaran 2020/2021 dan 2 guru yaitu guru kelas IV dan Guru kelas VI. Sumber data penelitian adalah siswa, guru dan orang tua siswa. Hasil penelitian menunjukan beberapa kendala yang dialami oleh siswa yaitu siswa merasa jenuh karena selalu belajar dirumah, siswa tidak pernah bertemu untuk belajar dengan temannya dan siswa merasa kurang faham dalam memahami materi pelajaran kerena hanya menyimak dan membaca materi dari internet bukan dari guru dan siswa juga tidak pernah datang kesekolah. selain itu kendala yang dialami guru adalah guru merasa pembelajan kurang maksimal kerena guru tidak bisa menyampaikan meteri secara tatap muka dan guru tidak bisa milhat perkembangan siswa menguasai mater pelajaran. Solusi dari kenala yang dialami oleh siswa adalah orang tua selain mengasuh dan menemani anak dalam belajar diharapkan juga menggantikan peran guru untk mengajari anak dalam memahami materi pelajaran yang sulit dan siswa diharapkan untuk bisa belajar kelompok dengan teman agar tidak jenuh dalam belajar dirumah. Lalu solusi dari kendala yang di alami oleh guru adalah guru dapat menghimbau orang tua dalam menemani anak saat belajar untuk memberikan batasan dalam mengajari anak yaitu untuk membiarkan anak mengerjakan soal evaluasi agar dapat melihat kemampuan anak dalam menguasai materi pelajaran. Berdasarkan kendala yang dialami oleh guru dan siswa solusi dari permasalahan tersebut adalah melakukan pembelajaran berbasis Blanded Learning atau pembelajaran yang mengkombinasikan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran berbasis computer atau daring.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 :Dr. Erik Aditya Ismaya, MA pembimbing 2 :Muhammad Noor Ahsin, S.Pd, M.Pd. |
Kata Kunci: | Pembelajaran Daring, Kendala, Covid-19. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Sep 2021 22:58 |
Last Modified: | 28 Sep 2021 22:58 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14987 |
Actions (login required)
View Item |