Widuri H, Silviana (2021) Potret kecerdasan emosional anak selama pembalajaran daring siswa kelas v sd n jatiroto 02. Sarjana thesis, UMK.
Text (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version Download (517kB) |
|
Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (544kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
|
Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (422kB) |
|
Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (7MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potret kecerdasan emosional anak saat pembelajaran daring siswa kelas V SD N Jatiroto 02, dengan rumusan masalah potret pembelajaran daring yang diterapkan oleh guru dan potret kecerdasan emosioal anak saat pembelajaran daring siswa kelas V SD N Jatiroto 02. Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilakukan dari jarak jauh antara pendidik dan peserta didik dengan memanfaatkan jaringan internet melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara online tanpa adanya tatap muka. Kecerdasan emosional adalah kemampuan individu untuk mengenali, dan menggunakan emosinya, dan kemampuan untuk mengikutsertakan emosi sehingga memudahkan dalam melakukan proses berpikir, untuk memahami emosi dan pengetahuan serta kemampuan dalam mengatur emosi untuk mengembangkan emosi dan menampilkan tingkah laku yang sesuai dengan tuntutan lingkungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD N Jatiroto 02 Pati. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 siswa dengan prestasi belajar tingi, siswa 1 laki-laki inisial RMR dan 1 perempuan inisial ZSL memiliki kecerdasan emosional sangat tinggi karena mampu mecapai 5 indikator dengan baik. 1 siswa laki-laki dengan prestasi belajar rata-rata berinisial RMP memiliki kecerdasan emosional tinggi dengan mencapai 4 indikator dengan baik. 1 siswa perempuan dengan prestasi belajar rata-rata memiliki kecerdasan emosional rata-rata karena mencapai 3 indikator dengan baik. 1 siswa laki-laki dengan inisial SJRP dengan prestasi belajar rendah memiliki kecerdasan emosional rendah karena mencapai 2 indikator dengan baik dan 1 siswa perempuan dengan prestasi belajar dengan inisial RDF memiliki kecerdasan emosional sangat rendah karena hanya mampu mencapai 1 indikator dengan baik. Pembelajaran daring mengharuskan guru untuk lebih kreatif lagi dalam menyampaikan materi sehingga siswa dapat lebih faham dalam belajar. Orangtua berperan penting dalam memberikan pendampingan untuk anak agar tetap semangat belajar dan memberikan saran prasarana yang memadai bagi anak belajar selama daring.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 : pembimbing 2 : |
Kata Kunci: | Kecerdasan Emosional, Pembelajaran Daring |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 18:52 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 18:52 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14996 |
Actions (login required)
View Item |