Rina Aryanti, Aristya (2021) Karakter disiplin dan kreativitas pada pembelajaran daring siswa kelas iv sd negeri semirejo 02 Kabupaten pati. Sarjana thesis, UMK.
Text (hal judul)
01. HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
|
Text (bab 1)
02. BAB I.pdf - Published Version Download (469kB) |
|
Text (bab 2)
03. BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
04. BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (443kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
05. BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
06. BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (183kB) | Request a copy |
|
Text (daftar pustaka)
07. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (420kB) |
|
Text (lampiran)
08. LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakter disiplin dan kreativitas belajar pembelajaran daring siswa kelas IV SD Negeri Semirejo 02. Dengan rumusan masalah karakter disiplin dan kreativitas belajar pembelajaran daring siswa dan kendala yang terjadi dalam proses karakter disiplin dan kreativitas belajar pembelajaran daring siswa. Penelitian ini membahas tentang karakter disiplin dan kreativitas belajar siswa. Pendidikan karakter adalah suatu sistem pendidikan moral atau budi pekerti yang digunakan untuk menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai karakter yang baik kepada siswa semenjak di bangku sekolah dasar. Sedangkan kreativitas belajar adalah titik pertemuan yang khas antara tiga atribut psikologis, antara lain kemampuan diri untuk menyesuaikan dengan lingkungan, cara belajar yang baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Semirejo 02 yang beralamat di Desa Semirejo, Kecamatan Gembong, Kabupaten Pati, Jawa Tengah. Waktu penelitian akan dilaksanakan pada bulan Juli-September 2020. Teknik pengumpulan data yang dilakukan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menerapkan sistem reward and punishment atau penghargaan dan hukuman sangat tepat karena dapat membuat siswa lebih patuh pada aturan yang berlaku dan menyelesaikan tugas sesuai jadwal yang telah ditentukan. Model pembelajaran dan metode pembelajaran sangat penting di dalam pembelajaran daring selama pembelajaran jarak jauh untuk kreativitas siswa.. Ada beberapa kendala dalam pembelajaran daring di SD Negeri Semirejo 02 antara lain tidak memiliki handphone, keterbatasan kuota, orang tuanya bekerja sampai malam, dan tidak semua baik anak maupun orang tua memahami teknologi. Adapun saran dalam penelitian ini adalah Pengawasan orang tua dalam hal ini sangat diperlukan setiap saat, agar suasana tetap kondusif meskipun siswa sedang belajar secara online. Dalam kondisi seperti ini, peran orang tua sangat diperlukan, sebagai pengganti sementara guru.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd pembimbing 2 :Mila Roysa, M.Pd |
Kata Kunci: | Karakter Disiplin, Kreativitas Belajar, Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar. |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 19:10 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 19:10 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/14998 |
Actions (login required)
View Item |