Pola analisis pemahaman konsep matematis dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas iv sdn 6 bulungcangkring kudus

REZA ARSIYANTO, ADI (2021) Pola analisis pemahaman konsep matematis dalam pembelajaran masa pandemi Covid-19 pada siswa kelas iv sdn 6 bulungcangkring kudus. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (940kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (187kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (102kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (188kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Penelitian ini bertujuan (1) mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep matematis siswa kelas IV SDN Bulungcangkring selama pembelajaran masa pandemi covid-19; (2) mendeskripsikan hasil pemahaman konsep matematis siswa kelas IV di SDN 6 Bulungcangkring selama pembelajaran masa pandemi covid-19; dan 3) mendeskripsikan pola pembelajaran selama masa pandemi covid-19. Pemahaman konsep merupakan suatu hal yang sangat penting dalam proses belajar karena pemahaman konsep akan memudahkan siswa mempelajari muatan matematika. Jika pemahaman konsep lebih ditekankan, maka siswa dapat memiliki bekal dasar yang baik untuk mencapai kemampuan dasar yang lain seperti penalaran terhadap pembelajaran, komunikasi, dan pemecahan masalah. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penlitian ini adalah; 1) person (orang) yaitu siswa kelas IV dan guru kelas IV SDN 6 Bulungcangkring, Desa Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus; 2) paper (kertas) yaitu data berasal dari lembar observasi dan lembar wawancara; dan 3) place (tempat) yaitu tempat berlangsungnya kegiatan yang berhubungan dengan penelitian ini adalah SDN 6 Bulungcangkring, Desa Bulungcangkring, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi pemahaman konsep matematis siswa. Hasil pemahaman konsep matematis siswa menunjukkan bahwa MDA, MKA, dan VK memahami konsep matematis karena mereka belum mampu menjawab pertanyaan yang memiliki indikator pemahaman konsep matematis dengan benar, mereka juga tidak bisa menuliskan rumus yang seharusnya digunakan. Selain itu, banyak jawaban yang tidak sesuai. Sementara itu, SH, MA, dan JS sudah memahami konsep matematis karena mereka sudah mampu memberikan jawaban yang tepat, mampu menuliskan rumus yang sesuai dengan perhitungan yang benar, dan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan selama masa pandemi covid-19 adalah dengan menggunakan whatsapp group dan kegiatan home visit.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: PEMBIMBING 1 :Savitri Wanabuliandari, S.Pd.,M.Pd PEMBIMBING 2 :Nur Fajrie, S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Pemahaman Konsep Matematis, Pembelajaran Masa Pandemi, Pola Analisis
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Oct 2021 20:32
Last Modified: 01 Oct 2021 20:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15095

Actions (login required)

View Item View Item