Pola belajar siswa dalam prestasi belajar menggunakan aplikasi whatsappkelas iv Sdn 02 wotan

Indah Asih Nugrohowati, Nur (2021) Pola belajar siswa dalam prestasi belajar menggunakan aplikasi whatsappkelas iv Sdn 02 wotan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
HALAMAN JUDUL_1.pdf - Published Version

Download (838kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I_1.pdf - Published Version

Download (318kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (829kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III_1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (475kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV_1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V_1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (224kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA_1.pdf - Published Version

Download (182kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN_1.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstrak

Prestasi belajar adalah hasil atau perubahan yang diperoleh siswa setelah melakukan suatu pembelajaran yang diungkap dengan keterampilan, sikap dan pengetahuan dalam bentuk nilai. Prestasi belajar dilihat melalui pencapaian kompetensi dasar pada pembelajaran pembuatan pola berupa dokumentasi nilai dari guru. Di masa Pandemi ini yang diterapkan adalah pembelajaran daring dalam pembelajaran daring ini menggunakan aplikasi Whatsapp yang diterapkan di SDN 02 Wotan. Salah satu media sosial yang sangat populer dan sering dimanfaatkan dalam dunia pendidikan adalah aplikasi Whatsapp. Melalui aplikasi tersebut, guru dapat dengan mudah membagikan materi pembelajaran ataupun tugas, selain itu siswa juga dapat berdiskusi dengan teman-temanya ataupun gurunya meskipun tidak tatap muka secara langsung. Hal tersebut yang menjadi salah satu solusi untuk proses pembelajaran daring, khususnya di lingkup SD pada masa pandemi saat ini. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui upaya meningkatkan upaya meningkatkan prestasi belajar siswa dalam ranah kognitif, ranah afektif, dan psikomotorik dengan aplikasi whatsapp siswa kelas IV SDN 02 Wotan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Tempat penelitian ini dilaksanakan di SDN 02 Wotan, Desa Wotan, Kecamatan Sukolilo, Kabupaten Pati. Objek yang akan diteliti adalah pola belajar siswa dalam prestasi belajar menggunakan aplikasi whatsappkelas IV SDN wotan 02. Adapun sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru kelas IV dan siswa kelas IV SDN 02 Wotan. Sedangkan sumber data sekunder dalam penelitian ini didapatkan melalui dokumentasi, buku referensi, artikel, catatan penelitian serta data pendukung lainnya. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan pencatatan. Analisis data yang digunakan merupakan analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pola belajar siswa dalam prestasi belajar menggunakan aplikasi whatsapp kelas IV SDN wotan 02, bentuk pola belajar siswa adalah pola belajar individu, pola belajar kelompok, pola belajar terbimbing, karena masa pandemi covid19 dan belajar dari rumah. Prestasi belajar siswa dalam ranah kognitif, afektif, psikomotorik secara keseluruhan sudah baik dan sesuai yang diharapkan guru dan siswa dan karena sebagian ada yang tinggi sebagian ada yang rendah prestasi belajarnya karena belajarnya menggunakan aplikasi whatsapp prestasi belajar siswa cukup baik. Aplikasi whatsapp membantu siswa dan guru dalam proses belajar mengajar sehingga aplikasi whatsapp banyak digunakan dimasa pandemi covid ini.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Mila Roysa, S.Pd.,M.Pd pembimbing 2 :Deka Setiawan, S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: Prestasi Belajar, Pembelajaran Daring, Aplikasi Whatsapp
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 01 Oct 2021 21:25
Last Modified: 01 Oct 2021 21:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15108

Actions (login required)

View Item View Item