Pengembangan media pembelajaran cergam rawa (cerita bergambar aksara jawa) sebagai upaya pengenalan Aksara jawa pada siswa sekolah dasar

IMAMA, NURIA (2021) Pengembangan media pembelajaran cergam rawa (cerita bergambar aksara jawa) sebagai upaya pengenalan Aksara jawa pada siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (890kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (313kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (587kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (301kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (429kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy

Abstrak

Pembelajaran Aksara Jawa bertujuan untuk melestarikan Aksara Jawa agar tidak mengalami kepunahan walaupun tidak digunakan lagi dalam komunikasi tulis sehari-hari. Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti di Desa Tedunan, Jepara, ditemukan permasalahan, yakni kesulitan siswa dalam membaca Aksara Jawa terletak pada kebingungan terhadap bentuk hurufnya yang menyebabkan minat siswa dalam membaca Aksara Jawa masih rendah. Penelitian ini memiliki rumusan masalah tentang bagaimana kebutuhan guru dan siswa, validitas, serta respon siswa terhadap buku Cergam Rawa (Cerita Bergambar Aksara Jawa). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebutuhan guru dan siswa, validitas, serta respon siswa terhadap buku Cergam Rawa. Penelitian ini mencoba mengembangkan media pembelajaran Bahasa Jawa dengan materi ajar Aksara Jawa dalam bentuk cerita bergambar. Pengembangan media pembelajaran adalah suatu proses yang dipakai dalam mengembangkan sebuah produk dengan memberikan stimulus kepada siswa dalam proses pembelajaran. Cergam atau cerita bergambar adalah cerita yang menjadi inti dari ceritanya adalah narasinya, sedangkan gambar hanya sebagai ilustrasi pelengkap. Aksara Jawa merupakan Aksara atau huruf yang dimiliki oleh masyarakat Jawa. Media Cergam Rawa merupakan media pembelajaran yang berbentuk Buku Cerita Bergambar Aksara Jawa. Tujuan media Cergam Rawa yaitu untuk membantu siswa mengenal Aksara Jawa dengan baik dan menyenangkan sehingga mudah dipahami oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development atau sering disebut penelitian pengembangan. Penelitian ini dilaksanakan di Desa Tedunan, Kecamatan Kedung, Kabupaten Jepara pada 5 siswa kelas 3 SDN 2 Tedunan yang bertempat tinggal di sekitar rumah peneliti. Model yang akan dikembangkan mengacu pada model pengembangan Research and Development (R&D) Borg and Gall yang telah dimodifikasi Sugiyono. Model pengembangan R&D Borg and Gall yang telah dimodifikasi Sugiyono terdiri dari 10 langkah yang kemudian dibatasi langkah-langkah penelitian pengembangan dari 10 langkah menjadi 7 langkah sampai pada revisi produk dikarenakan sesuai dengan kebutuhan pengembangan di masa pandemi covid-19 saat ini yang masih booming. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan angket untuk mendapatkan penilaian dari ahli tentang kelayakan media pembelajaran Cergam Rawa. Kelayakan media pembelajaran ini ditinjau dari beberapa aspek, yaitu aspek kelayakan isi Cergam, aspek kebahasaan, aspek performance, aspek desain grafis, dan aspek kemudahan penggunaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 :Dr. M. Kanzunnudin, M.Pd pembimbing 2 :Sekar Dwi Ardianti, M.Pd.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Cerita Bergambar, Aksara Jawa
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 20:28
Last Modified: 06 Oct 2021 20:28
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15267

Actions (login required)

View Item View Item