Kemampuan berpikir kritis pada materi kpk dan fpb dalam pembelajaran daring siswa kelas iv Sdn 3 undaan lor kudus

MUFIDA, NAILY (2021) Kemampuan berpikir kritis pada materi kpk dan fpb dalam pembelajaran daring siswa kelas iv Sdn 3 undaan lor kudus. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of hal judul] Text (hal judul)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (492kB)
[thumbnail of bab 1] Text (bab 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (204kB)
[thumbnail of bab 2] Text (bab 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 3] Text (bab 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (52kB) | Request a copy
[thumbnail of bab 4] Text (bab 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of bab 5] Text (bab 5)
BAB V.pdf - Published Version

Download (28kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (107kB)
[thumbnail of lampiran] Text (lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstrak

Pandemi covid-19 berdampak terhadap kegiatan pembelajaran siswa sekolah dasar. Kegiatan pembelajaran tatap muka berkurang, sehingga dapat menyebabkan kemampuan berpikir kritis siswa berkurang dan mengakibatkan penurunan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis siswa pada materi KPK dan FPB dalam pembelajaran daring dan hambatan siswa dalam pembelajaran daring pada kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini membahas tentang kemampuan berpikir kritis pada materi KPK dan FPB dalam pembelajaran daring. Kemampuan berpikir kritis merupakan kemampuan berpikir, memecahkan masalah dengan pengetahuan, argumentasi dan bukti, serta mengambil keputusan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) merupakan bilangan bulat positif terkecil dari dua bilangan atau lebih, hasil kali bilangan-bilangan tersebut habis dibagi dua bilangan yang paling menghasilkan kenaikan pangkat maksimum. FPB (Faktor Persekutuan Terbesar) merupakan bilangan bulat positif terbesar dari dua bilangan atau lebih, yaitu bilangan yang habis dibagi dua bilangan dengan menghasilkan hasil terbesar dengan nilai yang sama. Pembelajaran daring merupakan pembelajaran yang dilakukan secara online, jarak jauh dan tidak tatap muka antara guru dan siswa dengan memanfaatkan perangkat elektronik melalui jaringan internet seperti handphone, laptop dengan menggunakan aplikasi pendukung seperti grup whatsapp, zoom dalam penyampaian materi dan tugas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis data secara deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 3 Undaan Lor Kecamatan Undaan Kabupaten Kudus dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 3 Undaan Lor, orang tua dan guru kelas IV. Data primer dalam penelitian ini berupa hasil observasi dan wawancara sedangkan data sekunder berupa dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui tahap observasi, wawancara dan dokumentasi. Hail penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa sangat rendah dikarenakan sebagian dari sisa ada yang belum bisa memahami materi atau tugas yang diberikan oleh guru dan orang tua juga memberikan kebebasan terhadap siswa untuk melakukan sesuai keinginan seperti bermain dengan teman, nonton televisi, bermain handphone. Orang tua sibuk dengan pekerjaan sehingga tidak ada waktu luang bersama anak untuk menemani belajar. Banyak siswa yang tidak menyukai mata pelajaran matematika khususnya materi KPK dan FPB dengan alasan banyak rumus, membuat pusing dan sulit untuk dipahami sehingga dapat menyebabkan kemampuan berpikir kritis pada materi KPK dan FPB dalam pembelajaran daring rendah. Adapun saran dalam penelitian ini bagi orang tua diharapkan dapat meluangkan waktunya untuk anak dan keluarga dengan begitu anak merasa diperhatikan oleh orang tua dan anak tidak malas untuk belajar.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: pembimbing 1 ;Dr. Irfai Fathurohman, S.Pd., M.Pd pembimbing 2 ;Jayanti Putri Purwaningrum, S.Pd., M. Pd
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, KPK dan FPB, Pembelajaran Daring
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 06 Oct 2021 20:49
Last Modified: 06 Oct 2021 20:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15275

Actions (login required)

View Item View Item