The students’ perception Towards tik tok as media to learn english at sma Negeri 1 kembang jepara in the academic period of 2020/2021

NOFIANI, SADITA (2021) The students’ perception Towards tik tok as media to learn english at sma Negeri 1 kembang jepara in the academic period of 2020/2021. Sarjana thesis, UNIVERSITAS MURIA KUDUS.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL,JUDUL.pdf - Published Version

Download (716kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (317kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (396kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (335kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (389kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (304kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] Text (BAB 6)
BAB VI.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (205kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (844kB) | Request a copy

Abstrak

Aplikasi Tik Tok merupakan platform jejaring sosial dan video musik asal China yang diluncurkan pada awal September 2016. Melihat fakta yang memiliki lebih dari 10 juta pengguna di Indonesia dan mayoritas adalah anak-anak usia sekolah (pelajar), dapat terlihat bahwa aplikasi Tik Tok menjadi primadona, digandrungi dan diminati kaum milenial yang mayoritas adalah anak-anak usia sekolah. Tik Tok dapat diolah menjadi media pembelajaran yang menarik dan interaktif bagi siswa. Aplikasi Tik Tok dapat diimplementasikan sebagai media dalam belajar bahasa Inggris. Melihat berbagai fitur yang ada pada aplikasi Tik Tok sangat memungkinkan untuk dirancang sebagai media belajar bahasa Inggris. Belajar bahasa Inggris dengan dua keterampilan inti, yaitu berbicara, dan mendengarkan. Untuk keterampilan berbicara misalnya, siswa dapat menggunakan fitur voice peer dalam aplikasi ini kemudian berkomunikasi melalui jaringan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap Tik Tok sebagai media pembelajaran bahasa Inggris. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pesertanya adalah 50 siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Kembang Jepara tahun ajaran 2020/2021. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan kuesioner. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan skor, persentase dan deskripsi analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa X MIPA SMA Negeri 1 Kembang memiliki persepsi yang baik. Menggunakan Tik Tok sebagai Media menyediakan sumber daya yang kaya untuk belajar bahasa Inggris. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan Tik Tok sebagai Media memiliki kontribusi positif untuk pembelajaran bahasa Inggris. Mereka adalah keterampilan Berbicara dan Mendengarkan. Oleh karena itu peneliti berharap penggunaan Tik Tok sebagai media dapat diterapkan agar siswa dapat menggunakan Tik Tok sebagai alat belajar secara efisien. Hal ini sangat mengembangkan kemampuan bahasa Inggris siswa, terutama keterampilan berbicara dan mendengarkan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: PEMBIMBING 1 ;Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd PEMBIMBING 2 ;Agung Dwi Nurcahyo, S.S, M.Pd
Kata Kunci: Persepsi Siswa, Tik Tok Sebagai Media, Pembelajaran Bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 08 Oct 2021 22:11
Last Modified: 08 Oct 2021 22:11
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15342

Actions (login required)

View Item View Item