GAME EDUKASI PEWAYANGAN PADA APLIKASI MOBILE

Abdul Chamid, Ahmad (2013) GAME EDUKASI PEWAYANGAN PADA APLIKASI MOBILE. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of HAL.JUDUL]
Preview
PDF (HAL.JUDUL)
Halaman_Depan.pdf - Accepted Version

Download (528kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (682kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (226kB)
[thumbnail of PROGRAM] Other (PROGRAM)
Pewayangan.rar - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (840kB) | Request a copy

Abstrak

Penggunaan telepon selular selain sebagai media komunikasi, juga menjadikannya sebagai media pembelajaran. Namun, keberadaaan game edukasi yang bertema budaya dirasa masih cukup kurang. Hal inilah yang melatar belakangi dibuatnya suatu game mobile yang bertema edukasi dengan mengenalkan tokoh-tokoh pewayangan. Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini adalah “Bagaimana membuat suatu game edukasi yang dapat memberikan nilai edukatif di bidang pembelajaran tokoh-tokoh wayang”. Tujuan dari skripsi ini adalah untuk membuat suatu game yang bertema edukasi yang dapat dimainkan pada telepon selular yang didalamnya terdapat fasilitas pembelajaran tokoh-tokoh wayang. Konsep yang diterapkan dalam tahap perancangan Game Edukasi Pewayangan adalah dengan menggunakan Waterfall. Sedangkan bahasa pemrograman yang digunakan adalah Java 2 Micro Edition (J2ME). Dari hasil uji coba performance sistem, game edukasi ini dapat membantu seseorang dalam mengenal tokoh-tokoh wayang sekaligus bermain. Selain sebagai media pembelajaran, game edukasi ini juga berkontribusi dalam pelestarian budaya dalam negeri, khususnya budaya jawa. Untuk selanjutnya Game Edukasi Pewayangan ini dapat dikembangkan lagi fitur-fitur dan materi yang terdapat didalamnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: R. Rhoedy Setiawan, M.Kom dan Nanik Susanti, S.Kom
Kata Kunci: Kata Kunci : Game Edukasi, Pewayangan, Aplikasi Mobile
Subjects: Teknologi > T1 Teknologi (Umum)
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Sistem Informasi
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 18 Jul 2013 04:14
Last Modified: 18 Jul 2013 04:14
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1538

Actions (login required)

View Item View Item