Meningkatakan keterampilan mengemukakan pendapat di depan umum melalui bimbingan kelompok Teknik sosiodrama

FATIN, FAADHILA DHEA (2021) Meningkatakan keterampilan mengemukakan pendapat di depan umum melalui bimbingan kelompok Teknik sosiodrama. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HALAMAN DEPAN.pdf - Published Version

Download (9MB)
[thumbnail of BAB I] Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version

Download (3MB)
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (902kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan penerapan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat di depan umum pada siswa kelas XI Kecantikan 3 SMK 3 Pati. (2) Mendeksripsikan peningkatan keterampilan mengemukakan pendapat di depan umum pada siswa kelas XI Kecantikan 3 SMK 3 Pati setelah pemberian bimbingan kelompok teknik sosiodrama. Keterampilan mengemukakan pendapat merupakan kondisi di mana siswa kelas XI Kecantikan 3 SMK 3 Pati yang mampu dengan jelas dalam mengemuakan pendapat, mampu mengkomunikasikan pendapat, mampu menyampaikan isi gagasan yang disampaikan, serta memiliki keruntutan ide atau gagasan yang hendak disampaikan. Bimbingan kelompok merupakan layanan dalam bimbingan dan konseling yang mengedepankan proses diskusi mendalam antarpesertanya yang berlangsung secara dinamis dan mendalam. Teknik sosiodrama merupakan salah satu teknik dalam layanan bimbingan dan kelompok yang bertujuan untuk menangani masalah sosial melalui proses dramatisasi yang dipimpin oleh peneliti sebagai pemimpin kelompok. Penelitian dilaksanakan di SMK 3 Pati pada tahun pelajaran 2020/2021. Jenis penelitian yaitu PTBK dengan tahap: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan dan (4) Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus penelitian, setiap siklus dilakukan tiga kali pertemuan. Subjek penelitian adalah enam siswa kelas XI Kecantikan 3. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dan wawancara. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian diketahui keterampilan mengemukakan pendapat di depan umum pada subjek penelitian telah meningkat. Pra siklus subjek penelitian mendapatkan skor (39%), siklus I pertemuan pertama mendapatkan skor (43%), pertemuan kedua mendapatkan skor (46%), pertemuan ketiga mendapatkan skor (49%). Siklus II diketahui pertemuan pertama mendapatkan skor (57%), pertemuan kedua mendapatkan skor (66%), pertemuan ketiga mendapatkan skor (77%). Maka hipotesis yang menyatakan: (1) Bimbingan kelompok teknik sosiodrama dapat meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat di depan umum pada siswa kelas XI Kecantikan 3 SMK 3 Pati, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan (68%), peneliti memperoleh skor (75%); (2) Ada peningkatan keterampilan mengemukakan pendapat di depan umum pada siswa kelas XI Kecantikan 3 SMK 3 Pati setelah pemberian bimbingan kelompok teknik sosiodrama, diterima karena telah mencapai indikator keberhasilan (68%), subjek penelitian mendapatkan skor (77%). Kesimpulan dalam penelitian ini sebagai berikut: (1) Pelaksanaan bimbingan kelompok teknik sosiodrama dalam meningkatkan keterampilan mengemukakan pendapat di depan umum pada siswa kelas XI Kecantikan 3 SMK 3 Pati. Pelaksanaan bimbingan kelompok teknik sosiodrama diawali dengan tahap pembentukan; peralihan; kegiatan; dan pengakhiran. Sedangkan penerapan teknik sosiodrama terdapat pada tahap kegiatan, di mana tahapan dalam teknik sosiodrama terdiri dari tahap persiapan; pelaksanaan; dan tindak lanjut. Hasil penerapan bimbingan kelompok teknik sosiodrama pada siklus I mendapatkan skor (43%), kemudian meningkat di siklus II dengan skor (75%). (2) Keterampilan mengemukakan pendapat di depan umum pada siswa kelas XI Kecantikan 3 SMK 3 Pati telah meningkat. Pra siklus subjek penelitian mendapatkan skor (39%), siklus I mendapatkan skor (49%), siklus II mendapatkan skor (77%).

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Edris Zamroni, M.Pd. Pembimbing 2. Drs. Masturi, MM.
Kata Kunci: Keterampilan Mengemukakan Pendapat, Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Konsultas dan konseling pendidikan
Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 10 Oct 2021 21:20
Last Modified: 10 Oct 2021 21:20
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15387

Actions (login required)

View Item View Item