SUISMI, DINA (2021) The students’ perception of positive reinforcement in english online learning. Sarjana thesis, UMK.
Text (hal judul)
Halaman judul.pdf - Published Version Download (2MB) |
|
Text (bab 1)
Bab I.pdf - Published Version Download (859kB) |
|
Text (bab 2)
Bab II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (bab 3)
Bab III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (542kB) | Request a copy |
|
Text (bab 4)
Bab IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (bab 5)
Bab V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (973kB) | Request a copy |
|
Text (daftar pustaka)
Daftar Pustaka.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (554kB) | Request a copy |
|
Text (lampiran)
Lampiran.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Salah satu cara untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran bahasa Inggris adalah dengan memberikan penguatan positif (positive reinfocement). Guru memberikan penguatan positif (positive reinfocement) kepada siswa yaitu ketika siswa mengikuti proses pembelajaran yang dilaksanakan secara offline. Tetapi, pandemi Covid-19 saat ini mengakibatkan proses pembelajaran harus dilaksanakan secara online. Tujuan dari penelitian ini berdasarkan permasalahan tersebut adalah untuk menemukan jenis ekspresi penguatan positif (positive reinfocement) apa saja yang didapatkan oleh siswa dalam pembelajaran bahasa Inggris secara online dan untuk mengetahui persepsi siswa terhadap penguatan positif (positive reinfocement) dalam pembelajaran bahasa Inggris secara online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Partisipan dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa yang berasal dari program studi Pendidikan Bahasa Inggris pada semester enam. Dan untuk menganalisis hasil dari data tersebut, peneliti mencantumkan hasil jawaban yang ditulis siswa dikuesioner kedalam tabel kemudian menginterpretasikannya. Hasil dari penelitian ini adalah berdasarkan jawaban dari siswa peneliti menemukan bahwa terdapat dua jenis penguatan positif (positive reinfocement) yang didapatkan oleh siswa, yaitu penguatan verbal (verbal reinfocement) dan juga penguatan non-vebal (non-vebal reinfocement). Dan persepsi siswa terhadap penguatan positif (positive reinfocement) dalam pembelajaran bahasa Inggris secara online adalah siswa dapat lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, dapat memahami materi dengan lebih baik, dan juga rasa percaya diri siswa menjadi lebih meningkat. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam pembelajaran bahasa Inggris secara online siswa mendapatkan dua jenis penguatan positif (positive reinfocement) yaitu penguatan verbal (verbal reinfocement) dan juga penguatan non-vebal (non-vebal reinfocement). Dan dengan adanya penguatan positif (positive reinfocement) dalam pembelajaran bahsa Inggris secara online, siswa dapat lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, dapat memahami materi dengan lebih baik, dan juga rasa percaya diri siswa menjadi lebih meningkat.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | pembimbing 1 :Dr. A. Hilal Madjdi, M.Pd pembimbing 2 :Agung Dwi Nurcahyo, S.S, M.Pd |
Kata Kunci: | Persepsi, Penguatan Positif, Pembelajaran Bahasa Inggris secara Online |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 10 Oct 2021 22:41 |
Last Modified: | 10 Oct 2021 22:41 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15399 |
Actions (login required)
View Item |