Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Usaha Ritel Koperasi/Waserda dan Pasar Tradisional

Susilo, Agus and -, Taufik (2010) Dampak Keberadaan Pasar Modern Terhadap Usaha Ritel Koperasi/Waserda dan Pasar Tradisional. Jurnal Sosial dan Budaya, 3 (2). ISSN 1979-6889

[thumbnail of DAMPAK_KEBERADAAN_PASAR_MODERN.pdf]
Preview
PDF
DAMPAK_KEBERADAAN_PASAR_MODERN.pdf - Published Version

Download (190kB)
Official URL: http://jurnal.umk.ac.id/?page_id=1409

Abstrak

ABSTRACT: The purpose of this study is (1) to identify position of traditional market and modern market from institutional aspect and existing regulation, (2) to know the impact of the existance of modern market to retail business managed by cooperative, traditional market and small and medium enterprise and (3) to draw up a concept on the empowerment of retail business applied by cooperative, traditional market and small and medium enterprise. The main problem of this study is (1) the position of traditional market and modern market seen from institusional aspect and the existing regulation, (2) the impact of the existence of modern market to retail business managed by cooperative, traditional market and small and medium enterprise seen in aspect of business volume, selling price, worker numbers and factors affecting consumer behaviour in determining to shopping and (3) the concept to empower retail business applied by cooperative, traditional market and small and medium enterprises impact to business volume of traditional market. Between before and after the existence of modern is quite different, in which the business volume of traditional market was higher before the existence of modern market, while variable of selling price and worker number is just a slight difference. The conclusion of this study is (1) the existence of modern market has shreatened traditional market in which, it has developed by 31,4% (AC Nielson) and has developed negatively by 8%, (2) business volume of traditional market has decreased due to the existence of modern market. No significant difference in worker numbers and commodities selling price and (3) the decision to shopping in modern market is strongly affected by factors of : comfort, sanitation, availability of other facilities, and consumers decision to shopping in traditional market is strongly affected by distance and shopping habit. ABSTRAK: Tujuan dari pengamatan ini adalah (1) untuk mengidentifikasi posisi pasar tradisional dan pasar modern dari aspek kelembagaan dan peraturan yang ada, (2) untuk mengetahui dampak keberadaan pasar modern untuk bisnis ritel yang dikelola oleh koperasi, pasar tradisional dan kecil dan perusahaan menengah dan (3) untuk menyusun konsep tentang pemberdayaan usaha ritel diterapkan oleh koperasi, pasar tradisional dan usaha kecil dan menengah. Masalah utama penelitian ini adalah (1) posisi pasar tradisional dan pasar modern dilihat dari aspek institusional dan peraturan yang ada, (2) dampak keberadaan pasar modern untuk bisnis ritel yang dikelola oleh koperasi, pasar tradisional dan kecil dan menengah dilihat dalam aspek volume usaha, harga jual, nomor pekerja dan faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen dalam menentukan untuk belanja dan (3) konsep untuk memberdayakan bisnis ritel diterapkan oleh koperasi, pasar tradisional dan kecil dan menengah dampak perusahaan terhadap volume bisnis tradisional pasar. Antara sebelum dan sesudah keberadaan modern sangat berbeda, di mana volume bisnis pasar tradisional lebih tinggi sebelum adanya pasar modern, sedangkan variabel harga jual dan jumlah pekerja hanya sedikit perbedaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) keberadaan pasar modern telah shreatened pasar tradisional di mana, telah dikembangkan oleh 31,4% (AC Nielson) dan telah mengembangkan negatif sebesar 8%, (2) volume bisnis pasar tradisional karena adanya pasar modern menurun. Tidak ada perbedaan yang signifikan dalam jumlah pekerja dan harga jual komoditas dan (3) keputusan untuk berbelanja di pasar modern sangat dipengaruhi oleh faktor: kenyamanan, sanitasi, ketersediaan fasilitas lainnya, dan keputusan konsumen untuk berbelanja di pasar tradisional sangat dipengaruhi oleh jarak dan kebiasaan belanja.

Item Type: Article
Kata Kunci: Kudus, UMKM
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Pasar. Bazar
Ilmu-ilmu Sosial > Perdagangan. Perniagaan > Perdagangan ritel. Pasar grosir.
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: Users 388 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2012 05:42
Last Modified: 01 Mar 2012 05:42
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/154

Actions (login required)

View Item View Item