PRABOWO, EKO (2021) Pola pembelajaran daring melalui aplikasi media sosial whatsapp group dilihat dari analisis etika berkomunikasi selama pandemi covid-19 pada siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.
![]() |
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (1MB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (525kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (612kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (462kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (432kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (596kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
Abstrak
Etika berkomunikasi dalam pembelajaran daring menjadi hal penting yang harus dimiliki oleh siswa dalam setiap interaksi melalui media sosial WhatsApp. Hal ini dibuktikan dengan adanya etika berkomunikasi siswa terhadap guru ketika pembelajaran daring menggunakan media sosial WhatsApp sangatlah diperhatikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi etika berkomunikasi siswa dalam pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 dan untuk mengetahui bentuk-bentuk etika komunikasi siswa dalam pola pembelajaran daring melalui aplikasi WhatsApp. Pembelajaran daring merupakan proses pembelajaran yang dilakukan dalam jarak jauh dengan menekankan pada ketelitian dan kejelian peserta didik dalam menerima dan mengelola informasi melalui jaringan internet. Etika komunikasi merupakan norma, nilai, atau ukuran tingkah laku yang baik dalam kegiatan komunikasi di masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat naratif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 02 Tajungsari. Subjek penelitian sebanyak 6 siswa diambil sesuai kriteria dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian membuktikan bahwa etika berkomunikasi siswa selama pandemi Covid-19 dalam pembelajaran daring dengan aplikasi media sosial WhatsApp grup pada siswa kelas IV SDN 02 Tajungsari menunjukkan sikap respon yang kurang baik terhadap informasi materi atau tugas yang diberikan oleh guru. Tata penulisan siswa dalam memberikan respon di WhatsApp grup berupa emoticon dan stiker sudah tepat, namun tanda baca, ejaan kata dan tata bahasa pada konteks kalimat yang dituliskan siswa belum tepat. Gaya bahasa yang digunakan siswa dalam memberikan respon di WhatsApp grup menggunakan bahasa bilingual (campuran) yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Jawa. Penelitian ini hendaknya siswa mampu berkomunikasi dengan etika yang santun dan baik dalam pembelajaran daring dengan aplikasi WhatsApp. Etika komunikasi siswa dalam memberikan respon pada informasi yang diberikan guru sebaiknya lebih ditingkatkan lagi. Bagi guru hendaknya meningkatkan kualitas komunikasinya dan memberikan nasehat kepada siswa supaya dapat memberikan feedback terhadap informasi yang diberikan ketika pembelajaran daring berlangsung.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Nur Fajrie, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2. Deka Setiawan, S.Pd., M.Pd. |
Kata Kunci: | Pembelajaran Daring, Whatsapp, Etika Komunikasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 21:55 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 21:55 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |