DEWI, CANDRA KUSUMA (2021) Pemanfaatan wisata api abadi mrapen sebagai edukasi wisata bersejarah bagi siswa sekolah dasar. Sarjana thesis, UMK.
![]() |
Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version Download (883kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf - Published Version Download (134kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (303kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (286kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (951kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (119kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (202kB) |
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui pemanfaatan dan potensi- potensi di wisata Api Abadi Mrapen sebagai wisata edukasi di Kabupaten Grobogan. Wisata Api Abadi Mrapen di jadikan sumber belajar guna mempermudahkan siswa dalam mempelajari segala pembelajara. Sumber belajar adalah segala sesuatu yang dapat dimanfaatkan guna kepentingan proses belajar mengajar. Wisata Api Abadi Mrapen merupakan kawasan cagar budaya yang terdapat peninggalan sejarah dalam satu tempat. Pemanfaatan merupakan aktivitas berupa tindakan menerima atau memakai hal-hal yang berguna untuk proses sumber belajar. Pemanfaatan wisata edukasi yaitu suatu program wisata dimana wisatawan berkunjung disuatu objek dengan tujuan utama untuk memperoleh pengalaman pembelajaran secara langsung dari objek wisata tersebut. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode etnografi. Data penelitian ini adalah tokoh masyarakat, Dinas pariwisata Kabupaten Grobogan, arsip daerah, masyarakat sekitar wisata, siswa Sekolah Dasar, dokumentasi, artefak yang ada ditempat wisata, serta data pendukung lainnya yaitu buku referensi dan jurnal penelitian relevan yang terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis yang di gunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan menggunakan model Miles dan Huberman. Hasil dari penelitian ini yaitu pemanfaatan wisata Api Abadi Mrapen sebagai sumber belajar siswa. Hal ini dilihat dari beberapa objek wisata yang mendukung dan layak di jadikan sumber belajar. Pertama wisata ini mengandung unsur religi dan sejarah yang dapat dilihat dari filosofi asal usul tempat wisata. Kedua terdapat fenomena alam yaitu munculnya gas alam yang ada apinya. Ketiga terdapat peninggalan sejarah berupa Batu Bobot dari kerajaan Majapahit. Keempat terdapat genangan air yang disebut Sendang Dudo di dalamnya mengandung unsur-unsur kimia. Kawasan Api Abadi Mrapen memiliki situs peninggalan sejarah yang layak untuk dimanfaatkan sebagai sumber belajar bagi siswa Sekolah Dasar. Sumber belajar dari wisata Api Abadi Mrapen dapat mencakup materi Bahasa Indonesia, Ilmu Pengetahuan Sosial, dan muatan lokal.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Dr. Erik Aditia Ismaya, S.Pd, M.A Pembimbing 2. Imaniar Purbasari, S.Pd, M.Pd |
Kata Kunci: | Api Abadi Mrapen, Pemanfaatan, dan Wisata Edukasi |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 22:24 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 22:24 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15524 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |