PENGARUH PERGESERAN SUDUT PENGAPIAN DAN KECEPATAN TERHADAP JARAK TEMPUH KENDARAAN BERBAHAN BAKAR PREMIUM DAN PERTAMAX

HARISANDI, OKI (2013) PENGARUH PERGESERAN SUDUT PENGAPIAN DAN KECEPATAN TERHADAP JARAK TEMPUH KENDARAAN BERBAHAN BAKAR PREMIUM DAN PERTAMAX. Update Test thesis, Universitas muria kudus.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
PDF (HAL JUDUL)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (263kB)
[thumbnail of BAB I] PDF (BAB I)
Bab_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB II] PDF (BAB II)
Bab_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (868kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] PDF (BAB III)
Bab_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] PDF (BAB IV)
Bab_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] PDF (BAB V)
Bab_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (567kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
PDF (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (377kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] PDF (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy

Abstrak

Penghematan bahan bakar merupakan solusi yang terbaik disamping penggunaan sumber daya lain yang dapat diperbaharui karena cadangan minyak bumi yang semakin menipis, terlebih penggunaan bahan bakat pada kendaraan transportasi. Oleh sebab itu diperlukan pengembangan inovasi kendaraan sehingga dapat meminimalisir penggunaan bahan bakar. Dalam upaya mengatasi permasalahan diatas diadakan penelitian mengenai pengaturan pergeseran sudut pengapian dan kecepatan pada peningkatan oktan bahan bakar terhadap mesin bensin 100 cc dengan rasio kompresi 11,9:1. Dalam penelitian ini bahan bakar premium dan pertamax diujikan pada kendaraan tersebut, kemudian diberikan pengaruh pergeseran sudut pengapian pada posisi pulser 100 sebelum TMA, 150 sebelum TMA dan 200 sebelum TMA. Pengujian dilakukan dengan pemakaian kecepatan 30 km/jam, 40 km/jam, 50 km/jam, 60 km/jam dan 70 km/jam. Pengujian dilakukan untuk mengetahui konsumsi bahan bakar kendaraan dengan mengatahui jarak tempuh kendaraan per volume bahan bakar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencapaian jarak tempuh maksimal kendaraan pada pengaturan pengapian yang lebih awal dibutuhkan bahan bakar beroktan tinggi (pertamax). Sedangkan pencapaian jarak tempuh maksimal kendaraan pada pengaturan pengapian akhir dibutuhkan bahan bakar beroktan rendah (premium). Lain dari pada itu, pemakaian kecepatan terhadap jarak tempuh maksimal kendaraan dicapai ketika terjadi derajat isian silinder paling menguntungkan, yaitu pada kecepatan 40 dan 50 km/jam.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Bachtiar Setya Nugraha, ST., MT.dan Ir. Masruki Kabib, MT.
Kata Kunci: Kata kunci : Bahan bakar, jarak tempuh, kecepatan, pergeseran sudut pengapian
Subjects: Teknologi > Teknik mesin dan mekanik
Program Studi: Fakultas Teknik > S1 Teknik Mesin
Depositing User: Ririn Mela Safitri
Date Deposited: 19 Jul 2013 02:45
Last Modified: 19 Jul 2013 02:45
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/1565

Actions (login required)

View Item View Item