Analisis karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar pada masa pembelajaran daring di desa ngawen kecamatan margorejo kabupaten pati

SOFIA MELATI, RENI (2021) Analisis karakter disiplin dan tanggung jawab siswa sekolah dasar pada masa pembelajaran daring di desa ngawen kecamatan margorejo kabupaten pati. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL] Text (HAL JUDUL)
HAL JUDUL.pdf - Published Version

Download (379kB)
[thumbnail of BAB 1] Text (BAB 1)
BAB I.pdf - Published Version

Download (213kB)
[thumbnail of BAB 2] Text (BAB 2)
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (350kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] Text (BAB 3)
BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (443kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] Text (BAB 4)
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (500kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 5] Text (BAB 5)
BAB V.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (182kB)
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (992kB) | Request a copy

Abstrak

Adanya pandemi Covid-19 pembelajaran dilakukan secara online atau lebih dikenal dengan e-learning bisa mempengaruhi karakter peserta didik dikarenakan pola belajar yang berbeda. Seperti halnya pada hasil observasi dan wawancara bersama siswa dan orang tua di Desa Ngawen Kec. Margorejo Kab. Pati, bahwa selama pembelajaran daring anak-anak mengalami penurunan sikap disiplin dan tanggung jawab antara lain anak lebih sering bermain, anak tidak mau pengerjakan tugas, sulit untuk belajar, dan anak selalu menganggap bahwa sekolah diliburkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis karakter disiplin dan tanggung jawab anak selama pembelajaran daring. Disiplin merupakan sebuah sikap atau perilaku yang dimiliki seseorang individu yang menunjukkan adanya kepatuhan, ketaatan, dan ketertiban sesuai aturan. Tanggung jawab adalah sikap atau perilaku individu yang mau melaksanakan tugas dan kewajibannya. Pembelajaran daring merupakan proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet tanpa harus melakukan tatap muka. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di Desa Ngawen Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati dengan subyek penelitian 4 orang tua anak dan 4 anak sekolah dasar. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan kreadibilitas, tranferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menurunnya karakter disiplin dan tanggung jawab anak di masa pembelajaran daring. Sebelum pembelajaran daring siswa menaati tata tertib yang ada di rumah maupun di luar rumah dan bertanggung jawab dengan tugasnya. Namun, setelah pembelajaran daring siswa mengalami perubahan yaitu sering menunda pekerjaan, tidak menaati tata tertib, dan sering terlambat mengikuti pembelajaran daring. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran yang semula luring berubah ke daring akibat pandemi Covid-19 mengakibatkan siswa sekolah dasar di Desa Ngawen RT 4 RW 2 mengalami penurunan sikap disiplin dan tanggung jawab. Penurunan sikap disiplin dan tanggung jawab siswa disebabkan oleh pengaruh teman untuk bermain, penggunaan HP, televisi, dan rasa malas dalam diri siswa yang menyebabkan siswa menunda-nunda meyelesaikan tugas.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: PEMBIMBING 1 :Sekar Dwi Ardianti, S.Pd., M.Pd PEMBIMBING 2 :Much Arsyad Fardani, S.P., M.Pd.
Kata Kunci: Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab, Pembelajaran Online
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Kehidupan sekolah. Perilaku dan kebiasaan siswa
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 20 Oct 2021 23:43
Last Modified: 20 Oct 2021 23:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15748

Actions (login required)

View Item View Item