RAHMAWATI, ANNISA (2021) Hubungan disiplin dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa selama pembelajaran daring kelas vi b sd 1 mijen. Sarjana thesis, UMK.
Preview |
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version Download (678kB) | Preview |
Preview |
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version Download (368kB) | Preview |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (670kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (513kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (141kB) | Request a copy |
|
Preview |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (249kB) | Preview |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstrak
Tujuan penelitian ini yakni menganalisis kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI B SD 1 Mijen selama pembelajaran daring dan menganalisis seberapa besar hubungan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI B SD 1 Mijen selama pembelajaran daring. Disiplin merupakan sikap atau tindakan yang menyatu dalam diri seseorang yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan atau kepatuhan terhadap tata tertib. Disiplin sangat penting dalam mengikuti pembelajaran daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan menggunakan jaringan internet yang dilakukan karena situasi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan desain Concurrent Triangulation. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI B SD 1 Mijen dengan jumlah subjek penelitian 26 siswa. Teknik sampling pada penelitian ini yakni menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 26 siswa. Pendekatan penelitian kuantitatif yang digunakan pada penelitian ini yakni uji korelasi, sedangkan pendekatan penelitian kualitatif dilakukan dengan pengumpulan data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi dan data pendukung lainnya. Pada penelitian ini terdapat informan primer yang berjumlah 6 siswa dai kategori siswa yang mendapatkan hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah, sedangkan informan sekundernya yakni guru kelas VI B SD 1 Mijen. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara disiplin dengan hasil belajar IPA selama pembelajaran daring siswa kelas VI B SD 1 Mijen dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,685 dengan kategori kuat dan sikap kedisiplinan siswa kelas VI B SD 1 Mijen selama pembelajaran daring masuk dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata nilai angket kedisiplinan sebesar 84,2. Faktor yang mempengaruhi kedisiplinan pada kelas VI B SD 1 Mijen yakni keterbatasan fasilitas belajar, kurangnya perhatian dari orang tua, lingkungan masyarakat dan penjelasan materi kurang jelas dari guru. Dengan demikian siswa lebih mengetahui pentingnya disiplin belajar dan dapat menerapkan disiplin belajar baik disiplin di sekolah maupun disiplin belajar di rumah agar hasil belajar siswa lebih baik dari sebelumnya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Sarjana) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing 1. Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2. Khamdun, S.Pd.,M.Pd. |
Kata Kunci: | Pembelajaran Daring, Disiplin Belajar, Hasil Belajar |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 01:43 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 01:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15789 |
Actions (login required)
View Item |