Hubungan disiplin dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa selama pembelajaran daring kelas vi b sd 1 mijen

RAHMAWATI, ANNISA (2021) Hubungan disiplin dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ipa selama pembelajaran daring kelas vi b sd 1 mijen. Sarjana thesis, UMK.

[thumbnail of HAL JUDUL]
Preview
Text (HAL JUDUL)
HALAMAN JUDUL.pdf - Published Version

Download (678kB) | Preview
[thumbnail of BAB I]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf - Published Version

Download (368kB) | Preview
[thumbnail of BAB II] Text (BAB II)
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (670kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB III] Text (BAB III)
BAB 3.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB IV] Text (BAB IV)
bab 4.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BAB V] Text (BAB V)
BAB 5.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[thumbnail of LAMPIRAN] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstrak

Tujuan penelitian ini yakni menganalisis kedisiplinan belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI B SD 1 Mijen selama pembelajaran daring dan menganalisis seberapa besar hubungan antara kedisiplinan belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VI B SD 1 Mijen selama pembelajaran daring. Disiplin merupakan sikap atau tindakan yang menyatu dalam diri seseorang yang menunjukkan nilai-nilai ketaatan atau kepatuhan terhadap tata tertib. Disiplin sangat penting dalam mengikuti pembelajaran daring. Pembelajaran daring adalah pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan menggunakan jaringan internet yang dilakukan karena situasi yang tidak memungkinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka. Penelitian ini menggunakan mixed methods dengan desain Concurrent Triangulation. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI B SD 1 Mijen dengan jumlah subjek penelitian 26 siswa. Teknik sampling pada penelitian ini yakni menggunakan teknik Purposive Random Sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 26 siswa. Pendekatan penelitian kuantitatif yang digunakan pada penelitian ini yakni uji korelasi, sedangkan pendekatan penelitian kualitatif dilakukan dengan pengumpulan data yang diperoleh dari wawancara, observasi, dokumentasi dan data pendukung lainnya. Pada penelitian ini terdapat informan primer yang berjumlah 6 siswa dai kategori siswa yang mendapatkan hasil belajar tinggi, sedang, dan rendah, sedangkan informan sekundernya yakni guru kelas VI B SD 1 Mijen. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa terdapat hubungan antara disiplin dengan hasil belajar IPA selama pembelajaran daring siswa kelas VI B SD 1 Mijen dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,685 dengan kategori kuat dan sikap kedisiplinan siswa kelas VI B SD 1 Mijen selama pembelajaran daring masuk dalam kategori sangat tinggi dengan rata-rata nilai angket kedisiplinan sebesar 84,2. Faktor yang mempengaruhi kedisiplinan pada kelas VI B SD 1 Mijen yakni keterbatasan fasilitas belajar, kurangnya perhatian dari orang tua, lingkungan masyarakat dan penjelasan materi kurang jelas dari guru. Dengan demikian siswa lebih mengetahui pentingnya disiplin belajar dan dapat menerapkan disiplin belajar baik disiplin di sekolah maupun disiplin belajar di rumah agar hasil belajar siswa lebih baik dari sebelumnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Sarjana)
Dosen Pembimbing: Pembimbing 1. Siti Masfuah, S.Pd., M.Pd. Pembimbing 2. Khamdun, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Disiplin Belajar, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan > Pendidikan dasar
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mr Firman Al Mubaroq
Date Deposited: 21 Oct 2021 01:43
Last Modified: 21 Oct 2021 01:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/15789

Actions (login required)

View Item View Item